Minggu , 14 April 2024
Korbabn Kebakaran di Lorong Siliwangi Palembang Butuh Dapur Umum
Sejumlah warga masih berada di Lorong Siliwangi Kelurahan 5 Palembang, tempat kejadian kebakaran yang menghanguskan 5 rumah di kawasan padat penduduk tersebut.

Korban Kebakaran di Lorong Siliwangi Palembang Butuh Dapur Umum

Palembang,SindoSumsel.com–Sejumlah warga masih terlihat di lokasi kebakaran Lorong SIliwangi Palembang. Diketahui keberadaan mereka di puing-puing kebakaran guna mencari barang berharga yang dapat digunakan.

Selain itu juga bantuan banyak diterima oleh para korban seperti Uang, pakaian, dan sembako. Namun yang dibutuhkan saat ini bagi para korban ialah pembuatan dapur umum.Hal tersebut diungkapkan, Ketua RT 12 Binawati saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu (2/4/2023).

“Saat ini terhitung ada 5 rumah yang alami rusak berat, dan 10 rumah yang terdampak. Namun yang kita butuhkan saat ini adalah dapur umum dan hal tersebut sudah ditawarkan Pemkot Palembang dan tim gegana hanya saja belum tau kapan penerapannya,”ujarnya kepada wartawan berikut penjelasannya, 

Selain dapur umum, korban lainnya juga meminta untuk dibangunkan kembali rumah yang hangus terbakar. “Rumah saya juga ikut menjadi korban, sudah ada bantuan yang kita terima hanya saja harapan kita kalau bisa pemerintah atau pihak terkait bisa membangun kembali rumah kita,”kata Melisa.

Hingga saat ini para korban terpaksa tinggal dengan saudaranya yang tak jauh berada dari lokasi kejadian kebakaran.

Korbabn Kebakaran di Lorong Siliwangi Palembang Butuh Dapur Umum

Sebelumnya,kepulan Asap Hitam terlihat di Jalan KH Azhari Lorong Siliwangi Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang yang menghanguskan enam rumah milik warga, diduga penyebab kebakaran tersebut akibat arus pendek listrik.

Puluhan warga terlihat berjibaku memadamkan api dengan menggunakan air anak anak sungai Musi. Akses jalan yang sempit membuat petugas pemadam kebakaran sulit masuk membawa mobil, sehingga diterjunkan dua pompa apung yang digunakan.

Baca :  Muskercab I PCNU Bahas Program Strategis di Kota Palembang

“Posisinya ibu dan adik ada di dalam, ibu dibawah adik di lantai dua, untunglah tadi ada warga yang teriak kebakaran sehingga ibu dan adik saya berhasil keluar,”ujar Dia(36) pemilik rumah yang ikut terbakar, Sabtu(1/4/2023).

Ia mengungkapkan, kebakaran tersebut tersebut sudah terjadi sejak pukul 10.34WIB, yang tak satupun barang berhasil diselamatkan oleh korban jiwa. “Sejauh ini tiga rumah yang terbakar. Tidak ada yang bisa kami selamatkan, hanya baju dibadan saja,”katanya.

Dengan musibah kebakaran kali ini, Ibu dan adeknya Dia terpaksa menginap di rumahnya yang tak jauh dari lokasi kejadian kebakaran. ‘Saat ini ngungsi dulu kak ibu samo adek aku. Kalu dak di tempat aku di tempat adek aku,’katanya.

Sementara itu, Kapolsek Seberang Ulu 1 Palembang Kompol Firdaus menuturkan, bila kebakaran tersebut terjadi sejak pukul 10.30 WIB yang menghanguskan enam rumah kayu hangus terbakar.

“Akses jalan yang sempit membuat petugas PBK kesulitan masuk kedalam karena jaraknya sekitar 300 meter, yang rumahnya padat penduduk. Ada 6 rumah yang terbakar dan 4 diantaranya terdampak,”Katanya.

Baca juga: KPID Sumsel Sampaikan Empat Kabupaten/Kota di Sumsel Ini Sudah di Switch Off