Kota Palembang Penyumbang Rokok Ilegal Terbanyak di Sumsel

PALEMBANG,DETIKSUMSEL.COM— Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Palembang berhasil menyita 17.646.428 batang rokok dari berbagai macam merek yang didapat dari seluruh wilayah Sumsel.

Pantaun Detik Sumsel, Rabu(13/12/2023) terlihat jutaan bungkus rokok terpajang di depan meja press rilis lobby Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Palembang mulai dari merek rokok berwarna coklat, hijau, putih, dan sebagainya.

“Ini adalah hasil penindakkan kita di wilayah kerja kami Sumatera selatan yang mana terdapat belasan juta rokok ilegal dan juga di dominasi rokok ilegal kita dapat dari Palembang,”ujar Kepala KPPBC TMP B Palembang Andri Waskito kepada wartawan.

ia menuturkan, bila penindakkan ini lebih banyak jika dibanding dengan tahun 2022 lalu yang berkisar 6.6 juta batang rokok ilegal. “Tahun ini meningkat ya 17 juta lebih tinggi dari yang sebelumnya,”katanya.

Baca :  Rumah di Pinggiran Sungai Musi Hancur Ditabrak Kapal Wisata

Dari keterangan bagiannya atas hasil penindakkan di tahun 2023 ini mengalami total kerugian negara sebesar Rp12,1 miliar. 

Lebih lanjut dikatakan Andri, pemusnahan rokok ilegal dengan cara dipotong menggunakan alat pemotong sementara untuk miras dihancurkan.

“Tanpa adanya kolaborasi dan sinergi, penindakan barang ilegal ini tidak tercapai secara maksimal. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih. Kedepan sinergi dan kolaborasi yang baik antar instansi dan pihak terus dapat ditingkatkan dalam rangka pengawasan serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat demi menjaga keamanan dan kesejahteraan negara,”katanya.