Kamis , 22 Februari 2024
Jamaah Haji Indonesia

Kuota Tambahan Sumsel dan Kloter Terakhir Embarkasi Palembang Tiba di Asrama Haji 

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Kloter 24 yang merupakan kuota tambahan Provinsi Sumatera Selatan dan Kloter Terakhir Tiba di Embarkasi Palembang, Kamis (22/6) siang. Kloter 24 berjumlah 338 orang dengan rincian 254 Jemaah asal Sumsel, 80 Jemaah Babel dan empat  petugas kloter.  

  

Kabid PHU Kanwil Kemenag Prov. Sumsel H. Armet Dachil saat menyambut kedatangan Kloter 24 menyampaikan bahwa Sumatera Selatan mendapat kuota tambahan sebanyak 296 jemaah, namun Jemaah Sumsel yang terpenuhi hanya 254 orang. Khusus kuota tambahan Sumsel berasal dari 17 Kabupaten/Kota. 

  

“ Alhamdulillah untuk kuota haji tambahan sebanyak 254 jemaah sudah tiba di Embarkasi Palembang. Sumsel mendapatkan kuota 296 namun terpenuhi 254 orang. kuota tambahan ini berasal dari 17 Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan,” ujar Armet.  

  

Diterangkan Armet bahwa jemaah kuota tambahan yang merupakan kloter terakhir akan diterbangkan esok pada 23 Juni dengan menggunakan maskapai Garuda pada 17.50 WIB. 

Baca :  RA Anita Berikan Penghargaan ke Satresnarkoba Palembang

  

‘Dan Insya Allah, besok diterbangkan dengan menggunakan maskapai Garuda,” tutur Armet. 

  

Terkait closing date kedatangan jemaah haji gelombang kedua, Armet mengatakan karena masih ada kuota tambahan yang mendarat di Jeddah, maka pihak Arab Saudi mengizinkan adanya pendaratan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah hingga 24 Juni 2023. 

  

Armet mengatakan secara keseluruhan Indonesia tahun ini mendapat kuota tambahan dari Arab Saudi sebesar 8.000 Jemaah. Kuota haji reguler tambahan diperuntukkan bagi jemaah haji reguler berdasarkan urutan nomor porsi berikutnya yang meiputi:  Jemaah haji reguler yang saat pelunasan tahap sebelumnya mengalami kegagalan sistem,  jemaah haji cadangan yang telah melakukan pelunasan,  jemaah haji reguler nomor urut porsi berikutnya setelah jemaah haji cadangan. 

  

Total jemaah yang sudah diberangkatkan Embarkasi palembang sebanyak 7.896 jemaah dengan rincian, 6.722 Jemaah Sumsel, jemaah Babel 1.065, dan 109 petugas kloter.