Lepas 15 Mahasiswa UBD Prodi Bahasa Indonesia Magang MBKM
Lepas 15 Mahasiswa UBD Prodi Bahasa Indonesia Magang MBKM

Lepas 15 Mahasiswa UBD Prodi Bahasa Indonesia Magang MBKM

SiandoSumsel.com, Palembang- Demi mendukung implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan percepatan pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU-PT), Rabu (9/3/2022) bertempat di Ruang Meeting Prof. Dr. H. Zainuddin Ismail Lantai 1 Universitas Bina Darma, Rektor Universitas Bina Darma, Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M. melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, H. Hendri Zainuddin, S.Ag., S.H., M.M. didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ayu Puspita Indah Sari, M.Pd., Wakil Direktur Bidang Kamahasiswaan, Kurniawan, M.Kom, dan Manager MBKM, Syahri Rizal, M.Kom, melepas sebanyak 15 orang mahasiswa sebagai peserta Magang MBKM yang berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Bahasa Universitas Bina Darma (UBD).

“Ya, ada 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang kita lepas untuk mengikuti program MBKM,” ungkap Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Hendri Zainuddin SAg SH MM.

Baca :  Percepat Realisasi Program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz, Herman Deru Masifkan Peran Para Hafidz-Hafidzah

Dikatakan, program ini diharapkan berdampak bagi masa depan mahasiswa peserta Magang MBKM dan berdampak untuk pencapaian IKU 2 yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus melalui pembelajaran langsung di tempat kerja (experiental learning).

“Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerja sama, dsb). Sementara lembaga ataupun industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsusng direkrut sehingga mengurangi biaya recruitment dan training awal/ induksi,” terangnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ayu Puspita Indah Sari, M.Pd, mengatakan Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja tersebut akan lebih paham dalam memasuki dunia kerja dan kariernya.

“Selain itu juga dengan adanya Program Magang MBKM ini dapat memperoleh masukan serta umpan balik (feedback) kepada pihak Program Studi dalam meyesuaikan kurikulum yang sesuai tuntutan dunia kerja serta dapat memberikan dampak IKU 3 yaitu dosen berkegiatan di luar kampus Universitas Bina Darma,” terangnya.

Baca :  Herman Deru Tegaskan Tidak Boleh Diskriminasi  Layanan Keagamaan

Lanjutnya, untuk mewujudkan dan mengimplementasikan program tersebut, Universitas Bina Darma bermaksud untuk memperluas rencana implementasi program tersebut dengan industri, lembaga pemerintahan dan swasta lainnya yang telah melakukan kesepakatan kerja sama.

“Adapun tempat magang yang dituju oleh Peserta Magang MBKM Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 yaitu Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan dan Kantor Berita Simbur. Sementara untuk pelaksanaan Program Magang MBKM Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Bahasa Universitas Bina Darma akan dilaksanakan selama 1 (satu) semester yang dimulai dari tanggal 08 Maret s.d 12 Juli 2022 dengan jumlah sks (sistim kredit semester) yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebanyak 20 (dua puluh) sks,” tandasnya. (ril/ma)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com