Hendri Zainuddin, Direktur Utama PT. Sriwijaya Optimis Mandiri
Hendri Zainuddin, Direktur Utama PT. Sriwijaya Optimis Mandiri

Liga 2 Indonesia dihentikan, Hendri Zainuddin : “Ini Kesepakatan Bersama”

SindoSumsel.com — Direktur Utama PT. Sriwijaya Optimis Mandiri (PT. SOM), Hendri Zainuddin, selaku manajemen pengelola klub Sriwijaya FC, memberikan penjelasan soal mendukung Liga 2 Indonesia musim 2022-2023 dihentikan.

Dirinya menyampaikan, pemberhentian Liga 2 itu, sudah disepakati oleh semua klub yang terlibat, hingga PSSI.

Sebagaimana diketahui, Liga 2 Indonesia musim 2022-2023 resmi dihentikan oleh PSSI. Keputusan tersebut diberikan Federasi Sepakbola Indonesia itu melalui laman resmi mereka pada hari Minggu tanggal 5 Maret 2023.

Hendri Zainuddin mengaku, klub-klub memberikan dukungan penuh terkait pemberhentian Liga 2. Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang membuatnya mendukung keputusan itu.

“Itu keputusan bersama seluruh peserta klub Liga 2 yang menyepakati tidak dilanjutkannya Liga 2 itu,” katanya ketika dikonfirmasi hari Minggu tanggal 5 Maret 2023.

Wakil Rektor III Universitas Bina Darma Palembang ini memaparkan berbagai faktor disepakatinya rumusan tidak dilanjutkannya Liga 2 itu.

“Kesepakatan tidak dilanjutkan Liga 2 itu kesepakatan bersama klub-klub, bukan inisiasi. Jadi memang, Pak Erick Thohir (Ketum PSSI) itu memberikan kita waktu untuk merumuskan apakah lanjut atau tidak, dan diputuskan bersama oleh seluruh peserta untuk tidak melanjutkan, karena memang kondisi waktu yang mepet, kita mau puasa dan lebaran, Liga 1 juga sudah mau habis, musim baru mau mulai, mau ada Piala Dunia juga.” paparnya.

Baca :  Perawat D Temui Korban Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka

Hendri Zainuddin menjelaskan, kalau pun Liga 2 itu saat ini dilanjutkan, pertimbangannya bakal banyak hambatan.

“Jadi, kita sepakat untuk berhenti. Mulai musim baru (November), juga kesepakatan kita supaya ada waktu untuk mempersiapkan, termasuk mempersiapkan operator Liga 2.” jelas pria yang akrab disapa dengan panggilan HZ itu.

Dirinya juga mengatakan, semua klub telah melakukan diskusi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan itu. Yang mana, keputusan tersebut pada akhirnya disetujui oleh Ketum PSSI, yakni Erick Thohir.

“Ya, ini kesepakatan klub Liga 2 yang kemudian di-oke-in sama pak Erick, jadi jangan dibalik,” katanya.

Untuk diketahui, keputusan tersebut diambil usai seluruh perwakilan klub Liga 2 melakukan sarasehan bersama PSSI di Hotel Sheraton Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

Sebagai ganti dihentikannya Liga 2 2022, akan ada turnamen pra musim sebelum kompetisi kasta kedua tersebut digelar musim depan.

Turnamen pra musim itu pun direncanakan akan dilaksanakan pada Juli-September 2023 mendatang. Sementara Liga 2 musim depan sendiri akan dimulai kembali pada November 2023.