Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Maksimalkan Layanan, Pemkab Muba Merujuk IT Center BP Batam

Sindosumsel.com – Batam, Keberadaan fasilitas pusat data Dinkominfo Muba dirancang untuk memudahkan akses bagi masyarakat. Namun karena kapasitasnya masih belum maksimal, tim Dinkominfo Muba sengaja berkunjung ke IT center BP Batam.

Kunjungan yang dipimpin Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga, Kamis (10 November 2022) ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan layanan pengelolaan data dan sistem informatika yang terintegrasi. Sinulingga ingin tim ini mampu mewujudkan peningkatan pelayanan Muba sinergy satu data usai kunjungan.

Bersama Kepala dinas Kominfo Sinulingga Ap, Kepala Bidang Persandian Jery Renaldy, dan Kabid Aptika Sumarlin, Sinulingga diterima langsung oleh Nova Ridwanullah, Kabid Data dan Informasi BP.Batam.

“Kami sengaja memilih rujukan IT Centre BP Batam karena lembaga ini sudah melakukan pengelolaan sistem informatika dan data secara terintegrasi. Saat ini lembaga ini juga kita percaya sebagai operasional co location server Muba. Sistem pengelolaan ini yang akan mendukung percepatan program e goverment dan pengamanan transformasi teknologi digital Pemkab Muba. Salah satu target kita yakni meminimalisir trouble IT yg memerlukan dukungan keamanan program Satu Data Muba ,” terang Sinulingga.

Baca :  Harapkan Kades Laksanakan Amanah Dengan Baik

Sinulingga juga menargetkan akan menjalin kerja sama dengan BP batam memanfatkan fasilitas Layanan VPS (Virtual Private Server). Jika ini terwujud, tambah Sinulingga, Muba akan punya back up data dan pengamanan data aplikasi seluruh OPD.

“VPS hosting memungkinkan penyediaan server virtual bagi banyak user melalui hosting provider ayer virtual di atas sistem operasi (OS) server. Kenapa akan sewa VPS di BP Batam, ya demi hemat anggaran karena tidak perlu membeli server fisik dan tidak ada biaya pemilharan yang tinggi. Semoga rencana kerjasama terlaksana dan yang utama menguntungkan Muba dalam pengembagan infrastrur TIK,” pungkas Sinulingga.

Baca :  Hari ini Pj Bupati Apriyadi Muba dan Kodim 0401 Panen Jagung di Muba

Dijelaskan oleh Nova dari IT Centre BP Batam lembaganya memiliki berbagai layanan data IT. Menurutnya data center dan training centre berawal dari pengembangan proyek e-Government oleh BP Batam yang menggunakan fasilitas TIK dengan teknologi tinggi dan canggih. IT Centre BP Batam kini menjadi inovasi bisnis TIK bagi BP Batam.

Kunjungan dan rencana kerja Dinkominfo Muba ini mendapat dukungan dan apresiasi dari tim Pengamanan Informasi Digital BP Batam. Aldi, pimpinan pengamanan IT menyebut pengamanan informasi PB.Batam mengapresiasi dinkominfo Muba yang telah fokus sebagai penyedia layanan data center di Muba secara eksternal dan akan menerapkan seluruh proses layanan operasional dari sisi IT based dari sisi internal.

“Ini membuktikan layanan sistem informatika dan pengelolaan data IT Muba sudah menyesuaikan kebutuhan kondisi masyarakatnya ,” terangnya.(erd)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Erwanda, S.Psi.