Kamis , 22 Februari 2024
Martabak HAR

Martabak HAR Abdul Rozak Jadi Buruan Warga Lampung

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Martabak HAR merupakan salah satu kuliner khas Kota Palembang yang sampai sekarang masih menjadi Primadona wisatawan yang berkunjung ke kota Palembang.

Martabak HAR iyalah martabak telur yang disajikn dengan kuah kari dan bumbu rempah dengan di campur dengan irisan daging dan cuka hitam dengan cabe hijau untuk menambah nikmatnya menyantap martabak HAR .

Martabak ini sudah ada sejak tahun 1947,Sosok yang pertama kali membuatnya, Haji Abdul Rozak yaitu warga India yang merantau ke Palembang. Nama HAR sendiri merupakan singkatan Haji Abdul Rozak.

Sampai sekarang martabak ini masih menjadi primadona wisata luar kota Palembang , salah satunya Dinda warga kota Lampung setiap ke kota Palembang pasti tidak absen menikmati martabak HAR ini.

“Saya dari Lampung pak, jika liburan ke Palembang pasti saya dan keluarga tidak absen menikmati martabak ini” ujar Dinda sambil menikmati martabak HAR pada Sabtu (12/08/2023).

Selain itu, Dinda mengatakan harga martabak ini juga terjangkau hanya 25 ribu perporsinya.

Baca :  115 Kilogram Sabu Yang di Dapat BNN Sumsel Ternyata Berasal dari Myanmar dan Thailand

“Selain enak martabak ini juga murah pak , hanya 25 ribu rupiah perporsinya sudah bisa menikmati martabak ini ” sambung Dinda.

Sementara itu Yuyuk salah satu pegawai martabak HAR di jalan Jendal Sudirman depan masjid Agung mengatakan bahan untuk membuat martabak HAR cukup sederhana. Bahan utamanya hanya gandum yang dicampur air dan ditambahkan sedikit garam. Setelah itu, diaduk hingga bisa dibentuk bulat-bulat.

Yuyuk mengungkapkan, proses membuat bentuk adonan yang bulat tadi menjadi lebar memang sedikit susah karena harus mempunyai keterampilan khusus. Ketika adonan sudah lebar, baru dimasukkan telur, dilipat, dan digoreng.

“Ya, memang yang sedikit susah itu saat membuat adonan bulat menjadi lebar karena butuh keterampilan. Untuk telur tergantung mau ayam atau bebek, bisa juga dicampur dengan sayur,” jelasnya.

“Bukanya pukul 05.00 WIB dan tutup pukul 01.00 WIB,” tutupnya.