Masuk 10 Besar Nasional, Desa Bukit Jaya Didatangi Komisi Informasi Pusat

Sindosumsel.com – Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin, mewakili Sumatera Selatan, dalam lomba Apresisai Desa Tingkat Nasional. Bukit Jaya masuk 10 besar sebagai desa terbaik dalam pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik. Atas raihan pestasi membanggakan ini, Bukit Jaya mendapat kunjungan lapangan dari tim Komisi Informasi Pusat didampingi tim Provinsi bersama Kominfo Sumsel pada tanggal 17 Noveber 2022.

Tim Penilai Apresiasi Desa tingkat Nasional, yang direncanakan melakukan kunjungan lapangan ke Desa Bukit Jaya antara lain, Wakil Ketua Komisi Informasi Publik, (KIP), Arya Sandhiyuda, Rakadipta (Bappenas), Hibza Meiridha Badar ((KIP Sumsel), Uzirwan (PMD Sumsel), dan Amrullah dari Kominfo Sumsel.

Pj Bupati Muba H Apriyadi menyambut baik kabar menyenangkan ini. Ia berpesan agar perangkat Desa Bukit Jaya mampu melayani dengan informasi sebenernya atas kunjungan tim penilai. Apriyadi juga menginginkan Desa Bukit Jaya menjadi jawara lomba setidaknya terbaik 5 nasional.

“Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin terpilih untuk mewakili Sumatera Selatan dalam Apresiasi Desa untuk implementasi Keterbukaan Informasi Publik tingkat Nasional. Sungguh merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami warga Muba,” ucap Apriyadi, Sabtu, (12 November 2022).

Baca :  Warga Muba Jangan Tergiur Pinjol Ilegal dan Arisan Bodong

Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga membenarkan kabar gembira ini Desa Bukit Jaya yang pernah menyabet Juara 2 Perpustakaan Nasional, kali ini masuk 10 Besar Keterbukaan Informasi Desa se Indonesia. Dia juga memastikan tim Komisi Informasi Pusat dan Tim Provinsi Sumsel bersama Kominfo Sumsel akan melakukan visitasi ke Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Musi Banyuasin direncakan pada tanggal 17 Noveber. “Desa Bukit Jaya, Sungai Lilin, Kabupaten Muba alhamdulillah masuk 10 besar keterbukaan informasi untuk Desa se-Indonesia.
Selanjutnya Tim pusat di dampingi tim provinsi akan visitasi ke lapangan.

Mengutip pengumuman Apresiasi Desa 2022, Sinulingga menyebut posisi 10 besar nasional diputuskan melalui pleno Komisi Informasi Pusat, tanggal 11 November 2022.

“Hasil pleno memutuskan sepeluh Nominasi Apresiasi Desa berdasarkan wilayah Barat, Tengah dan Timur. Wilayah Barat terdiri dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, dan
Kalimantan Tengah, di putuskan 5 (lima) desa. Nah Muba ada di kelompok wilayah ini,” beber Sinulingga.

Baca :  Komitmen Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Muba Ditunjuk Sebagai Pilot Project RB Tematik Kemiskinan

Jadi untuk wilayah Barat, tambah Sinulingga, ada Desa Bukit Jaya di posisi 5 dengan nilai 74,58 bersaing dengan Desa Sendangsari, Jogyakarta, nilai 77,50, Desa Bunga Pasang Salido, Sumatera Barat, 75,96. Desa Ploso, Jawa Timur, 75,92 dan
Desa Titian Kuala, Kalimantan Barat, nilai 75,13

Sedangkan di wilayah Tengah: ada Desa Duda Timur, Bali, nilai 72,66, Desa Bokong, Nusa Tenggara Timur, 63,58. Desa Ganra, Sulawesi Selatan, 62,85. Desa Tengin Baru, Kalimantan Timur, 57,22. Di wilayah Timur ada Desa Maitara Tengah, Maluku Utara, nilai 63,56

Kadin Kominfo Muba, Sinulingga menambahkan data yang masuk, partisipasi apresiasi desa terdiri dari 29 Provinsi (selain Papua, Papua barat, Kepri, Sulut, dan DKI Jakarta) dengan jumlah total 89 desa yg direkomendasikan oleh Komisi Informasi
Provinsi.(erd)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Erwanda, S.Psi.