Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya sah menutup  Porprov ke XIII OKU Raya 2021 di Plaza Danau Ranau, Minggu (28/11/21) malam.
Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya sah menutup  Porprov ke XIII OKU Raya 2021 di Plaza Danau Ranau, Minggu (28/11/21) malam.

Mawardi Yahya Targetkan Sumsel Masuk 10 Besar PON 2024

Sindosumsel.com, OKU Selatan – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIII OKU Raya 2021 sukses digelar dan menghasilkan bibit atlet berprestasi.

Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya sah menutup  Porprov ke XIII OKU Raya 2021 di Plaza Danau Ranau, Minggu (28/11/21) malam, mengatakan, event olahraga  seperti Porprov sudah sangat dirindukan masyarakat Sumsel setelah sempat dua tahun vakum lantaran pandemi Covid-19.

“Kita harapkan masyarakat bisa terus taat menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Mulai malam ini ekonomi kita bangkit kembali,” ujarnya saat penutupan

Wagub Mawardi turut mengucapkan selamat bagi kabupaten/kota peraih medali tiga besar. Menurutnya, pelaksanaan Porprov ini muncul bibit yang bisa meraih medali di PON mendatang.

“Kita menargetkan 10 besar PON sebelumnya (2021) kita mendapatkan peringkat 16. Kita optimis PON 2024 bisa masuk 10 besar,” tegasnya disambut tepukan tangan dengan meriah oleh mereka yang Atas nama Pemprov Sumsel, Wagub  mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia. Dan semua kabupaten/kota yang telah mengirimkan atlet andalan daerah  masing-masing.

“Sekali lagi saya terimakasih atas partisipasi semua daerah dan ucapkan selamat kepada Kota Palembang, Muba dan OKU Selatan yang meraih medali terbanyak,” terangnya.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo mengucapkan rasa syukur lantaran Porprov berjalan dengan lancar. Menurutnya, kesusksesan ini berkat dukung dan kerjasama semua pihak, terutama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

Baca :  KONI Sumsel Dan PT. Pusri Kerjasama Bina Atlet Berprestasi

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkeja keras mensukseskan perhelatan event Porprov ke XIII OKU Raya. 9 cabang olahraga telah terlaksana dengan baik dan lancar di OKU Selatan,” terangnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi OKU Selatan secara khusus dan tuan tumah secara umum, karena banyak muncul bibit atlet terbaik asal daerah masing-masing.

Tak hanya itu, tambah Popo, dampak dari pelaksanaan Porprov lainnya juga dirasakan bagi masyarakat dalam pemulihan ekonomi, baik kawasan Danau Ranau dan Ibu Kota OKU Selatan serta bagi semua Kabupaten yang menjadi tuan rumah.

“Alhamdulillah, OKU Selatan menduduki posisi ketiga dalam Porprov ke XIII OKU Raya 2021 ini.  Untuk posisi pertama diduduki Kota Palembang dan posisi kedua diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba),” tegasnya.

Dalam prosesi penutupan Porprov di OKU Raya kali ini, Wagub berkesempatan  menyerahkan tropi  bagi juara umum. Penyerahan petaka kepada tuan rumah Porprov ke XIV Tahun 2024 kepada Sekda  Kabupaten Lahat. Selain itu juga dilakukan pemadaman obor api Porprov olrh Wagub bersama Bupati dan Wabub Se OKU Raya.

Baca :  Herman Deru :"Syarat Infrastruktur Piala Dunia U-20 di Sumsel Hampir 100 Persen Mantap"

Diketahui, Kota Palembang sendiri berhasil menorehkan prestasi sebagai juara umum dengan perolehan 341 medali dengan rincian 120 medali emas, 98 perak dan 123 perunggu.

Sementara itu, diposisi kedua diraih Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan 266 medali. Dengan rincian, 114 medali emas, 84 perak dan 68 perunggu.

Diposisi ketiga diraih Kabupaten OKU Selatan dengan perolehan 155 medali. Dengan rincian 60 medali emas, 46 perak, dan 49 perunggu.

Penutupan Porprov OKU Raya ini juga dimeriahkan dengan penampilan artis ibu kota serta pesta kembang api  yang berhasil menyedot perhatian ribuan penonton.

Turut hadir Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, Bupati OKU, Drs H Edwar Candra, MH, Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien Abuasir, SP., M.Si l, Wakil Bupati OKU Timur, H M Adi Nugraha Purna Yudha, SH, Ketua KONI Sumsel, Hendry Zainuddin, Koordinator Porprov ke XIII, Achmad Syamsudin, Forkopimda OKU Selatan, Sekda Kabupaten Lahat, Chandra, SH., MH, Sekda OKU Selatan, H Romzi, SE., M.Si, Para Ketua KONI Kabupaten/kota se-Sumsel. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com