Memetakan UMKM Muba di Gerbang Industri Dunia

Sindosumsel.com – BATAM, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menguji produk unggulan Gambo di pintu gerbang dunia industri. Melalui Dinas Koperasi dan UMKM, dipilihlah

Pameran Gelar Inovasi Koperasi, UKM dan TJSL Expo 2022 di Batam Mega Mall Batam, Sabtu (12 November 2022).

Setidaknya ada dua alasan agar produk gambo dan UMKM Muba masuk dalam peta industri dan UMKM Indonesia. Pertama karena gambo Muba sebagai produk ramah lingkungan yang unik dan kedua lokasi acara di Mega Mall Center. Diketahui lokasi ini merupakan pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi wisatawan di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Baca :  UIGM Palembang Tawarkan Kerjasama ke Pemkab Muba

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muba Ir Zulfakar mengatakan pameran yang telah dilmulai sejak 11 November dan akan berakhir 15 November 2022 ini telah menjadi magnet pembina UMKM selalu Indonesia. Menurutnya beberapa kabupaten/kota kaya produk unggulan ikut berpartisipasi seperti antara Kota Palembang, Jember, Provinsi Jabar, Sulteng, dan Kalimantan.

“Kita membawa produk unggulan Gambo Muba,” kata Kadis Koperasi dan UMKM Muba, saat pembukaan pameran.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga yang hadir di pameran berharap pameran kali ini mampu memetakan posisi produk-produk unggulan Kabupaten Muba yakni gambo dalam peta industri nasional.

Baca :  Pelari Muba Zella Melati Raih Juara Satu Ajang Bedulur Run 10 K Polres Musi Rawas

“Bukan saja di peta industri UMKM nasional, kita berharap gambo makin dikenal oleh wisatawan mancanegara. Kota Batam sebagai pintu gerbang Internasional yang bertetangga dengan Singapura dan Malaysia menguntungkan upaya ini,” pungkasnya.(erd)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Erwanda, S.Psi.