Menteri Perdagangan Siap Dukung UMKM ke Luar Negeri 
Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat ditemui di Griya Kain Tuan Kentang, Selasa(18/7/2023).

Menteri Perdagangan Siap Dukung UMKM Sumsel ke Luar Negeri 

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Datang ke Kota Palembang Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga siap mendukung UMKM ekspansi ke luar negeri.

Bertempat di Griya Kain Tuan Kentang Jerry datang menggunakan baju kemeja berwarna ungu sambil yang berkalungkan kain syal khas Kota Palembang mengatakan siap mendorong produk kerajinan kain dan barang lainya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Jadi kita akan memberikan salah satu pendampingan bisnis, pengemasan, ekspor keluar negeri agar bisa bersaing di dunia,”ujarnya kepada wartawan, Selasa(18/7/2023).

Tidak hanya itu Kementerian Perdagangan secara aktif media promosi berbasis digital (E-katalog).

“Sasarannya tak hanya nasional, tapi ekspansi bisnis global, sebanyak 46 perwakilan dagang seluruh dunia yang dilibatkan untuk membawa produk lokal Sumsel ke luar negeri,” kata dia.

Baca :  Selama Tak Bergadang, Alwi Korban Penembakan di Pasar 10 Ulu Kondisinya Memprihatinkan

Menurutnya, pengrajin Griya Kain Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang menjadi salah satu yang disiapkan pemerintah tahun ini.

Kementerian Perdagangan selain berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi juga melibatkan instansi/lembaga lainnya untuk memperbesar pemasaran produk kerajinan kain bermotif khas diantaranya Tajung dan Jumputan Palembang.

Jerry menilai, pelaku usaha Griya Kain Tuan Kentang memiliki prospek yang sangat baik. Mereka memberdayakan para ibu rumah tangga untuk memproduksi kain – kain khas tersebut secara kreatif menjadi baju, selendang, dan semacam nya.