Muhammad David Ketua IJTI 2023-2027
Muhammad David Ketua IJTI 2023-2027

Muhammad David Ketua IJTI 2023-2027

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM– Muhammad David akhirnya terpilih menjadi Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Selatan periode 2023-2027. Hal ini diketahui usai Musyawarah Daerah IJTI Pengurus Daerah Sumatera Selatan ke V di Swarna Dwipa Hotel Palembang, Sabtu (29/7/2023).

 

Dalam perjalanan musyawarah tersebut, ada tiga calon kandidat Ketua IJTI Sumsel yakni Hanindito, Muhammad David, dan Yokhe Firmansyah. Namun akhirnya, nama Muhammad David terpilih secara aklamasi sebagai Ketua IJTI Sumsel periode 2023-2027.

 

“Alhamdulillah, saya berterimakasih kepada teman jurnalis yang sudah mempercayai saya sebagai Ketua IJTI Sumsel selanjutnya. Saya akan memberikan yang terbaik dan membangun program kerja meneruskan kepengurusan yang lama dan menjalankan cita-cita IJTI Sumsel, diantaranya membentuk kepengurusan IJTI di kabupaten dan kota, serta mencari sekretariat yang bisa menjadi tempat berkumpul semua anggota IJTI Sumsel,” kata David, Sabtu (29/7/2023).

 

Ia menjelaskan, program kerja yang juga akan diteruskan secara berkala yakni berupa peningkatan kemampuan jurnalis TV di Sumsel melalui uji kompetensi. Nantinya, uji kompetensi ini diperuntukkan bagi jurnalis TV yang ada di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

 

“Saya ingin membentuk kepengurusan IJTI di kabupaten dan kota sehingga teman-teman jurnalis TV di daerah bisa lebih mudah dan dekat dengan kepengurusan IJTI,” jelasnya.

 

Sebagai upaya memperkenalkan kepengurusan IJTI Sumsel yang baru, David mengatakan, dirinya akan melakukan audiensi dengan pemerintah dan instansi yang ada di Sumsel. Juga akan menggelar kegiatan berupa turnamen olahraga yang tidak hanya melibatkan jurnalis TV saja, melainkan juga jurnalis media online, cetak dan radio.

 

“Kami ingin mempererat silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh awak media yang ada di Sumsel, Karenanya kami akan segera mengadakan lomba bertemakan olahraga seperti futsal dan sebagainya,” jelas David.

 

Di pembukaan Musda IJTI ini turut hadir Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Kurniawan, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Sumsel Rika Efianti, perwakilan dari IJTI Pusat, dan tamu undangan lainnya.

Baca :  Masyarakat Miskin Kota Palembang Dukung KPK

 

Saat pembukaan Musda IJTI tersebut, Ketua Bidang Organisasi IJTI Pusat Muhammad Jazuli mengatakan IJTI adalah organisasi profesi. “Orang-orang didalamnya adalah orang yang professional, bekerja dan bertugas sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya.

 

Profesional tersebut juga harus bisa dipraktekkan di tahun ini yang masuk dalam tahun politik. Semua anggota IJTI harus bisa professional dalam bertugas. Terkait dengan jalannya musyawarah tersebut, Jazuli menyebutkan setiap daerah memiliki dinamika dalam pemilihan calon terpilih. “Ini semua sudah dilakukan secara demokrasi, artinya ini sudah sah,” jelasnya.

Muhammad David Ketua IJTI 2023-2027

Untuk pengurus baru, kata dia, diharapkan bisa melanjutkan program kerja lanjutan dari pengurus sebelumnya, dan menekankan program kerja yang belum tercapai. “Utamanya memiliki sekretariat baru yang permanen,” ucapnya.

 

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Sumatera Selatan, Kurniawan menjelaskan, mengucapkan selamat kepada Ketua IJTI Sumsel yang terpilih.

 

“Selamat kepada Ketua yang terpilih, dan semoga kedepan kerjasama dan koordinasi positif bisa terus ditingkatkan. Karena selama ini, kerjasama sudah terjalin dengan baik antara Pemprov Sumsel dan IJTI Sumsel,” kata Kurniawan.

 

Karena itu, pihaknya berharap agar IJTI Sumsel tetap terus mendukung dan mendorong kemajuan Sumsel, termasuk membantu dalam mempublikasi mengenai program pemerintah dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sumsel.

 

“Berita diharapkan seimbang, jangan berlebih-lebihan. Tahun politik ini sangat keras, tapi kami berharap tidak berimbas ke Sumsel. Kami meminta agar pers juga bisa membantu Sumsel menyajikan berita-berita yang positif untuk kemajuan Sumsel,” ucapnya.

 

Selain itu, menghadapi tahun politik, pihaknya berharap agar pers bisa membantu dalam mensosialisasikan Pemilu dan mengawasi pelaksanaan Pemilu di Sumsel, agar penerapannya bisa berjalan jujur dan adil.

 

“Peran jurnalis disini adalah memberikan sajian berita yang cerdas untuk masyarakat, berimbang dan akurat. Peran jurnalis sangat besar,” pungkasnya.