Senin , 15 April 2024

Pemkab Muba Gelar Rapat Bahas Penyediaan Tenaga Listrik yang Dikelola MEP

SindoSumsel.com, SEKAYU, MUBA- Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MH menggelar rapat bersama Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Ferry Triansyah, dan Dinas ESDM provinsi Sumsel mengenai penyediaan tenaga Listrik Oleh

PT Muba Electric Power (MEP) di Kabupaten Muba secara virtual di ruang rapat Sekda Muba, Selasa (10/10/2023).

Dalam rapat ini, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro menjelaskan bahwa ada sebanyak 130 desa dari 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba ini merupakan pelanggan PT MEP.

MEP ini merupakan BUMD milik Pemkab Muba, lanjutnya untuk mengatasi kurang terjangkaunya PT PLN dalam melakukan pengembangan jaringan listrik ke daerah-daerah terpencil di Kabupaten Musi Banyuasin. Selain itu, supaya semua masyarakat pelanggan PT MEP bisa merasakan hal yang sama seperti pelanggan PT PLN.

“Dengan banyaknya permohonan masyarakat kepada Pemkab Muba pada waktu itu untuk disediakan listrik, dan setelah dikomunikasikan dengan PLN belum dapat dipenuhi karena memang jarak dan juga mungkin jumlah cukup banyak. Maka, untuk desa-desa yang tidak terjangkau oleh PLN kurang lebih pada waktu itu ada 130 Desa, Pemkab Muba membentuk MEP guna mempercepat pembangunan daerah dalam melayani masyarakat Kabupaten Muba khususnya daerah daerah atau desa yang tidak terjangkau PT PLN (Persero),”tandasnya.

Baca :  Polisi Minta Pelaku Penusukan Terhadap Karyawan J&T Menyerah

Sementara, Direktur PT MEP Agus Raflen mengatakan sampai saat ini terkait dengan layanan terus mengalami kemajuan, dan kepengurusan rencana peralihan pelanggan MEP ke PLN terus dilakukan. ” PT MEP ini sudah berusia 17 belum pernah dilakukan peremajaan. Terkait dengan Peralihan PT MEP di tahun 2021 ada tuntutan dari masyarakat yang disampaikan langsung ke Gubernur Sumsel di bulan Mei tahun 2022, Pemkab Muba telah berupaya melakukan peralihan Pelanggan PT MEP Muba ke PLN. Diharapkan semoga upaya ini segera terealisasikan,”terangnya.

Menanggapi, penjelasan Pemkab Muba dan Dirut PT MEP, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Ferry Triansyah mengucapkan terima kasih atas penjelasan yang disampaikan tersebut. “Terima kasih Informasi ini cukup lengkap dan jelas. Jadi dua hal yang harus kita lakukan diantara proses peralihan harus segera kita selesaikan.Semoga prosesnya secepatnya terselesaikan,”pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat Kabag Perekonomian Muhammad Aswin SSTP MM, Kabag Sumber Daya Alam Yulius Adi, SSTP MSi.,
Kabag Hukum Romasari Purba SH., Kabag Kerjasama Dicky Meiriando, SSTP MH. (Mif)