Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2022 bertempat di Bina Praja Auditorium Pemprov Sumsel, Senin (19/9).
Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2022 bertempat di Bina Praja Auditorium Pemprov Sumsel, Senin (19/9).

Perbaikan Infrastruktur  Tetap Menjadi Fokus Utama Herman Deru 

SindoSumsel. Com, PALEMBANG – Pembangunan Infrastruktur  yang baik dan merata di 17 Kabupaten/kota tatap  menjadi prioritas utama pasangan  Gubernur  H Herman Deru dan Wagub Mawardi Yahya.

Menurut Herman Deru dalam dua tahun terakhir semuanya  harus berubah fokus dalam penggunaan keuangan, direcofusing untuk menangani covid-19 dilakukan. Namun meski begitu faktor kesehatan dan ekonomi harus tetap berjalan dengan selaras.

Makanya, Bapak Pembangunan Sumsel itu mengajak  para kepala  PU dan Bappeda se Kabupaten/Kota  menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2022 bertempat di Bina Praja Auditorium Pemprov Sumsel, Senin (19/9).

“Sengaja saya panggil semua Kepala PU dan Bappeda seluruh kabupaten/kota agar kita tetap selaras dalam membangun daerah,” katanya.

Provinsi Sumsel saat ini menurut Herman Deru masih menjadi fokus dan prioritas di dalam pembangunan infrastruktur. Artinya dalam membangun ini tidak bisa ego sektoral ataupun berjalan sendiri.

Baca :  Herman Deru Mulai Siagakan 192 Tempat Tidur di Wisma Atlet Untuk Penanganan Covid-19  Ringan

“Bangubsus itu kenapa bisa timbul dan terlaksana, karena ini kondisi faktual di lapangan. Infrastruktur kita parah pada saat itu, khususnya non Palembang. Begitu besar  beban kepala daerah kabupaten/ kota untuk mengelola keuangan yang begitu minim,” ungkapnya.

Herman Deru merinci berdasarkan data kondisi kemantapan jalan  nasional di Sumsel sebesar 92 persen, sementara jalan provinsi sebesar 93 persen dan jalan kabupaten/kota sebesar 52 persen.

“Untuk jalan kabupaten/kota ini ada apa? saya minta Bappeda untuk mencari permasalahanya sebab kita membangun harus satu frekuensi,” katanya.

Disisi lain, Herman Deru ingin infrastruktur jalan ini perlu dilakukan pemeliharaan hal ini menjadi faktor utama.

“Pada sat ini kita satu persepsi dulu agar pelihara yang ada sehingga ini juga dapat berdampak pada singkatnya durasi perjalanan dan mempermurah ongkos. Sebab masyarakat itu hanya ingin agar jalanya itu nyaman dan mempersingkat waktu,” katanya.

Baca :  Herman Deru Minta BPKP Aktif Kawal Penggunaan Dana Desa

Untuk itu, Herman Deru ingin konektivitas antar desa antar kecamatan antar kabupaten dan provinsi  terkoneksi dengan  jalan negara.

Tak hanya itu, pada rapat ini PU Sumber Daya Air dan Permukiman juga menjadi sorotan Gubernur Herman Deru. Dia ingin SDA ini menjadi fokus guna peningkatan produktivitas pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Saya ingin irigasi terjaga , persawahan juga terjaga karena hal ini upaya kita untuk meningkatkan produksi pangan sehingga terwujudnya penurunan kemiskinan,” ucapnya.

Turur hadir, Sekda Sumsel SA Supriono, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sumsel, Dharma Budi serts para Kepala OPD Sumsel terkait. (Ril/Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com