Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Perkuat Sumsel Mandiri Pangan, ICMI Kembangkan Sorgum Sebagai Panganan Lokal

PALEMBANG, SindoSumsel.com- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendukung penuh inisiasi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI)  Sumsel yang mendukung ketahanan pangan  Sumsel dengan mengembangkan  tanaman sorgum di sejumlah pesantren  sebagai pangan lokal.

Saat menerima audiensi pengurus ICMI Sumsel, bertempat diruang yamu gubernur, Senin (12/12) siang. Gubernur Herman Deru memberikan dukungannya pada ICMI dan beeharap tanaman sorgum  lebih dikenalkan pada masyarakat sebagai alternatif pangan.

“Sosialisasikan pada masyarakat  manfaat sorgum sebagai panganan  alternatif. Termasuk sosialisasi pada  petani,” imbuhnya.

Herman Deru menyebut  sorgum merupakan  tanaman yang tahan dengan cuaca kering karena tidak memerlukan banyak air selama dalam pertumbuhannya.

Baca :  Herman Deru Apresiasi Jambore ID42NERS Fasilitasi Lapak Untuk UMKM di Sumsel

“Ini kita salut penciptaan ide itu. Sorgum komoditas yang sangat  luar biasa. Meski masih  jarang ditemui di Indonesia. Sorgum  juga alternatif pengganti beras merah,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris ICMI Sumsel Dr. Bahrul Ilmi Yakub. S.H., M. h., CGL dalam kesempatan program ICMI kepada  Gubernur Herman Deru selaku Dewan Penasehat ICMI Sumsel.

Diantaranya yang dilaporkan terkait agendanya Silturahmi nasional. Serta  kegiatannya penanaman sorgum di Provinsi Sumsel.

“Dalam mendukung ketahanan pangan Sumsel, kita akan lakukan demplot sorgum  di pesantren.  Allhamdulillah mendapat respon positif  dari Gubernur,” tandasnya.

Baca :  Hendri Zainudin Ajak Pengurus Bersyukur di Momen HUT 82 KONI Sumsel

Untuk diketahui Sorgum merupakan tanaman Sebaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan

bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke 5 setelah gandum, jagung, padi dan jelajahi. Sorgum merupakan makanan pokok.lenting di asia selatan dan afrika. (Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com