Pj. Bupati Apriyadi Terima Penghargaan Bhakti Adi Pustaka Dari Pj Gubernur Sumsel

SindoSumsel.com, Palembang—Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi menerima penghargaan Bidang Perpustakaan Tingkat
Provinsi Sumatera Selatan Kategori “Pejabat Publik” atas Dedikasi dan Sumbangsih terhadap Pengbangan Perpustakaan di Propinsi Sumatera Selatan.

Penghargaan ini diserahkan oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fathoni saat pembukaan Festival Literasi Nusantara 2023, Jumat (27/10/2023) di Asrama Haji Palembang. Penerimaan penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Sunaryo.

Apriyadi diganjar penghargaan ini setelah Kabupaten Muba tercatat memiliki Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Musi Banyuasin kategori tinggi yakni 86,46. Serta Nilai Indek Peningkatan Literasi Masyarakat kategori sedang yang mencapai 69,18.

Menurut Kepala Dispusip Muba, Sunaryo, Pemkab Muba terus meningkatkan Program Urusan Perpustakaan di Musi Banyuasin melalui sejumlah cara.
“Antara lain Peningkatan Perpustakaan Daerah dengan berorientasi milenial yang instagramable dan peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan-perpustakaan desa. Lalu Program Sirkulasi Buku Mandiri yang terus digulirkan untuk menambahkan koleksi buku agar dekat dengan masyarakat,” terang Sunaryo.

Beberapa program lain, tambah dia, yakni memaksimalkan perpustakaan keliling. Putaran kunjungan perpustakaan keliling ini bahkan menyentuh hingga ke pelosok Muba. Lalu ada juga program iMuba, yakni perpustakaan digital yang digadang menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mengakses buku lebih luas dan dimana saja.

Baca :  Hadiah Jutaan Rupiah di Siapkan Untuk Juara Muba Fun Run

“Kami memprakarsai Program Inovasi Tamasya, SAD Taman Bacaan Masyaratakat Suku Anak Dalam di Bayung Lencir. Program ini bahkan mengantarkan Camat Bayung Lencir sebagai Penerima Inovasi Terbaik Sumsel 2023 Kategori Camat Terinovatif,” ucap Sunaryo bangga.

Tercatat sejumlah program Dispusip Muba ini kondang di masyarakat dengan tagar “Buku Kantiku.” Tagar ini berhasil mendekatkan masyarakat dengan buku sehingga Indek Literasi Masyarakat Muba terus meningkat. Tingkat keterbacaan diyakini akan memacu meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Muba meraih penghargaan Bhakti Adi Pustaka ini juga disumbang kunjungan reguler di perpustakaan daerah, program donasi buku dengan tajuk Seribu Buku untuk Muba,
Pocadi (pojok baca digital) dari Perpusnas akan terus diadakan di tempat layanan publik dan perpustakaan desa.

Sekedar info pada Festival Literasi Nusantara 2023 kali ini Muba mengangkat tema Pameran bertajuk Seni Budaya yaitu, Tari Stabek, Senjang dan Sedekah Rami Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh. (Mif)