Senin , 15 April 2024

Program Beasiswa Berprestasi, Tingkatkan Semangat Mahasiswa Muba di Perantauan

SindoSumsel.com, SEKAYU – Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi sambut audiensi Pengurus Ikatan Keluarga Pelajaran Musi Banyuasin (IKPM) Yogyakarta, di Ruang Audiensi Bupati Muba, Senin (16/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum IKPM Yogyakarta Ramadhan mengatakan bahwa maksud dan tujuannya menghadap Pj Bupati Muba untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan pengurus baru periode 2023-2025 serta menyampaikan program kerja.

“Besar harapan kami Pak Pj Bupati Apriyadi bisa melakukan pelantikan langsung pengurus baru IKPM,” ujarnya

Ia juga mengucapkan terimakasih atas program beasiswa hingga fasilitas asrama dari Pemerintah Kabupaten Muba untuk putra daerah yang tengah menimba ilmu di kota-kota besar seperti Yogyakarta.

“Kami sangat terbantu dengan adanya program beasiswa dan fasilitas asrama ini. Di Yogyakarta, Muba satu-satunya kabupaten yang mempunyai asrama untuk mahasiswa. Semoga ini menjadi sarana percontohan, dan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” ucap Ramadhan.

Menanggapi yang disampaikan tersebut, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada pengurus IKPM Yogyakarta yang telah terbentuk.

“Untuk pelantikan kita sesuaikan dengan agenda Pemkab Muba. Karena sekarang kondisi di Muba agak mengkhawatirkan dampak dari gejala El Nino yang mengakibatkan kemarau panjang. Untuk itu selaku kepala daerah, kita terus memantau kondisi ini dengan turun langsung ke tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, Pemerintah Kabupaten Muba setiap tahun merealisasikan program beasiswa khususnya pada jenjang pendidikan D-III, S1, S2 dan S3, guna membantu mahasiswa-mahasiswa yang menimba ilmu di perantauan.

Baca :  Komitmen Tanggulangi Kemiskinan, Pemkab Muba Ditunjuk Sebagai Pilot Project RB Tematik Kemiskinan

“Program ini sudah di pastikan setiap tahun ada, dan memang dari dulu kita lakukan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Pj Bupati Muba.

Lebih lanjut Pj Bupati Muba menuturkan, untuk fasilitas asrama di Yogyakarta akan terus ditingkatkan kelengkapan sarana dan prasarananya, sehingga putra putri Muba lebih semangat lagi belajar dan meraih prestasi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Sukarni mengungkapkan terkait program beasiswa prestasi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain standar nilai akademik 3,0 untuk kampus yang akreditasi A, dan 3,5 yang terakreditasi B.

“Program beasiswa tahun ini kita anggarkan di APBD Perubahan, dengan prioritas mahasiswa berprestasi. Untuk pengajuan berkasnya bisa langsung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, paling lambat tanggal 27 Oktober ini berikut persyaratan lainnya,” pungkas Sukarni.

Usai audiensi tersebut dilakukan pula penyerahan satu unit komputer, printer dan sound system oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Muba Sefrizal kepada Pengurus IKPM Yogyakarta.

Turut hadir pada kesempatan ini diantaranya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba diwakili Kabid Komunikasi Publik Kartiko Buwono SE MM, Kepala Pemuda dan Olahraga M Fariz SSTP MM, serta jajaran pengurus IKPM Yogyakarta. (Mif)