Program Kartu Pra Kerja Harapan Masa Depan Bangsa 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto

Program Kartu Pra Kerja Harapan Masa Depan Bangsa 

SINDOSUMSEL.COM–Kementerian Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Republik Indonesia menggelar konferensi The Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC) atau Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif yang berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Acara konferensi tersebut berlangsung sejak 3-6 Juli 2023 tersebut sekaligus sebagai kampanye global pembelajaran sepanjang hidup (lifelong learning) digaungkan UNESCO dengan Indonesia sebagai pionirnya. Kampanye diluncurkan dengan mengumandangkan tagar #ImALifelongLearner bersama UNESCO. Konferensi berlangsung selama tiga hari tersebut dihadiri sekitar 300 peserta yang berasal lebih dari 40 negara. 

Konferensi tersebut bertujuan menerjemahkan visi pendidikan yang ada dalam Kerangka Aksi Marrakesh atau Marrakesh Framework for Action (MFA) yang dihasilkan tahun lalu atau 2022.

Konferensi berlangsung selama tiga hari tersebut dihadiri sekitar 300 peserta yang berasal lebih dari 40 negara. Saat itu bertepatan dengan the Seventh International Conference on Adult Education (CONFINTEA VII) di Negara Maroko.

Baca :  Kemenkumham Sumsel Bebaskan 210 Napi, Dapat Remisi HUT Republik Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja bisa menjadi instrumen kuat untuk pemberdayaan di seluruh dunia, terutama dalam menghadapi perubahan iklim, demografi, dan pasar tenaga kerja yang dinamis.

“Pembelajaran sepanjang hidup penting bagi setiap orang, ini bisa menjadi instrumen kuat untuk memberdayakan di seluruh dunia, terutama menghadapi perubahan iklim, perubahan demografi dan pasar tenaga kerja yang dinamis,” kata Airlangga Hartarto, Senin (3/7).

Ia menjelaskan bahwa Inisiatif global ini diharapkan menggerakkan para pembelajar dari seluruh dunia bersatu menunjukkan tekad untuk terus belajar dan menginspirasi yang lainnya untuk mengambil langkah yang sama sesuai dengan minat masing-masing.

Menurutnya, Program Kartu Prakerja sejak 2020 adalah bukti komitmen dan keberpihakan pemerintah atas kampanye pembelajaran sepanjang hidup.