RA Anita Noeringhati Bangga Sumsel Jadi Tuan Rumah Boling Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut

SindoSumsel.com, PALEMBANG – 102 peboling nasional dari sembilan provinsi di luar Aceh dan Sumatera Utara telah berkumpul di JSC Bowling Center, Palembang, untuk mengikuti Babak Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 30 Juli 2023. Acara ini merupakan panggung utama bagi para atlet untuk bersaing dan berjuang menjadi yang terbaik dalam enam nomor pertandingan boling.

Upacara pembukaan Babak Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut digelar di JSC Bowling Center pada hari Sabtu (22/07/2023). Hasrial Arimis, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), menyampaikan pentingnya penunjukan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah. Menurutnya, Sumatera Selatan dipilih karena PB PBI meyakini bahwa PBI Sumatera Selatan mampu menjadi tuan rumah yang luar biasa. Venuenya juga diakui sebagai yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

“Para peboling ini dipersiapkan untuk mengikuti PON tahun depan,” ujar Hasrial.

Seluruh peserta yang berasal dari sembilan PBI provinsi diturunkan untuk bersaing di enam nomor pertandingan, yakni Single putra dan putri, Double putra dan putri, Mixed double, Team of four putra dan putri, All event putra dan putri, serta master putra dan putri.

Di antara para peserta, PBI Sumatera Selatan (Sumsel) menurunkan 13 atlet terbaiknya untuk tampil di ajang bergengsi ini. Kelompok Sumsel 1 putra diwakili oleh Cheppy Triyandi, Azandy Akbar, Salim, dan Omar Davis Husin. Sementara itu, kelompok Sumsel 2 putra menampilkan nama-nama seperti Alrainov Armansyah, Faiz Adihya Nawwaf, Tri Wahyu Wardana, dan Handy Tjoa.

Baca :  KONI Sumsel Bentuk Tim Satgas Porwil XI 2023

Untuk nomor putri, kelompok Sumsel 1 diisi oleh Elsa Maris Husin, Elies Yunita, Aurelia Tjoa, dan Juventia Tjoa. Sedangkan Sumsel 2 Putri akan diwakili oleh Adella Resya Islami.

Ketua PBI Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati, SH, MH, mengungkapkan kebanggaannya atas peluang menjadi tuan rumah dan kesempatan untuk mengirimkan 13 atlet dari kontingen Sumsel.

“Saya mengajak semua pihak untuk menghargai sportivitas dan menikmati berbagai kuliner khas Sumatera Selatan selama berada di kota ini,” ujar Anita yang juga Ketua DPRD Sumsel.

PBI Sumatera Selatan juga berharap bahwa melalui ajang ini, citra olahraga boling dapat diubah, sehingga olahraga ini tidak lagi dianggap sebagai olahraga eksklusif. Keikutsertaan banyak provinsi dalam ajang kualifikasi ini menunjukkan semangat dan upaya besar dalam memperkenalkan boling kepada masyarakat lebih luas.

Acara pembukaan Babak Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut juga dihadiri dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, yang menegaskan bahwa ajang kualifikasi ini bukanlah sekadar permainan biasa.

“Apresiasi atas standar internasional dari venue yang digunakan untuk kompetisi ini,” ujar Marwardi. (Ril)