Rapimnas 2023, SMSI Sepakat Ciptakan Pemilu Damai

SindoSumsel.com, PALEMBANG– Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus, menyatakan pihaknya sepakat ikut menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) damai menjelang Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), dan Pemilihan Presiden pada tahun 2024 nanti.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Firdaus saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2023, yang digelar di di aula Hotel Jayakarta, Jakarta, pada hari Jum’at tanggal 27 Oktober 2023.

Untuk mewujudkan hal itu, Firdaus mengungkapkan, pihaknya meminta saran dari Kompolnas tentang cara Pers ikut menciptakan pemilu damai.

“Kita sepakat memutuskan menyamakan persepsi. Sebab itu, sebelumnya kami sudah meminta arahan ke Kompolnas seperti apa yang namanya pemilu damai itu. Bagaimana masyarakat Pers ikut terlibat menciptakan pemilu damai, demi bangsa dan negara ini. Dan arahannya, harus bersinergi dengan pihak Mepolisian yang bertanggung jawab terhadap keamanan itu.”

Untuk itu, Firdaus mengaku pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen. Pol. Dr. Sandi Nugroho. “Kadiv Humas menyambut baik. Dan bentuk sinerginya seperti apa, akan dibicarakan di Rapimnas ini.” kata Firdaus.

Apalagi, kata Firdaus, Pemilu Damai versi Pers belum tentu sama dengan pemilu damai versi polisi dan TNI. “Untuk itu, minimal ada benang merah yang menyatukan persepsi.” ujar Firdaus di hadapan Ketua Harian Kompolnas, Irjen. Pol. (Purn). Dr. Benny Josua Mamoto, yang juga menjabat Ketua Dewan Pertimbangan SMSI.

Baca :  Tragis Warga Temukan Bayi Perempuan Yang Mengapung Tanpa Busana

Anggota Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto, menyambut baik niat SMSI yang akan terlibat dalam perwujudan pemilu damai. “Saya percaya, dengan kebersamaan kita beragam dan berbhinneka Tunggal Ika, maka saya percayakan wujud Pemilu Damai, meskipun kita punya banyak perbedaan, tetapi kita juga mempunyai banyak persamaan. Jangan cari perbedaannya, tapi kita cari persamaannya.” kata Paulus Tri Agung Kristanto.

Dirinya mengajak semua pihak untuk melangkah bersama dalam perbedaan yang ada. “Melangkah bersama menuju Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang lebih sejahtera, Indonesia yang damai dan mampu mengembangkan rakyatnya untuk lebih baik lagi.” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kompolnas, Irjen. Pol. (Purn) Dr. Benny Josua Mamoto, berharap agar media massa, khususnya yang tergabung dalam SMSI, untuk bisa terus mengawas proses demokrasi di Indonesia. “Kiranya media sebagai alat control, bisa terus mengawal proses demokrasi sesuai aturan.” katanya. (smsi sumsel)