Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr. Ir. Hj. Manisah MP beserta rombongan di Ruangnya.
Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr. Ir. Hj. Manisah MP beserta rombongan di Ruangnya.

Rektor UTP All Out Dukung Percepatan Capaian Pembangunan Sumsel 

SindoSumsel.com, Palembang –  Di sela agenda kerjanya Senin (13/6) siang, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr. Ir. Hj. Manisah MP beserta rombongan di Ruangnya.

Dalam kesempatan itu Ia mengarahkan agar UTP mulai memilah program unggulan yang akan mereka kembangkan dalam rangka mendukung percepatan capaian pembangunan di Sumsel.

” Penajaman kerjasama UTP dengan Pemprov ini perlu dilakukan lagi. Agar jangan terlalu banyak. Misalnya kita unggulkan pertanian. Ini kan bagus, karena akibat konflik di Rusia-Ukraina akan memicu krisis pangan,” jelasnya.

Menurut Herman Deru jika UTP fokus di bidang pertanian secara makro mereka bisa mengembangkan produksi alsintan, peningkatan produksi atau marketing.

” Itu yang perlu kita upayakan karena personel kita banyak. Pertama Saya rekrut 1400 sekarang sudah 2.000 orang. Mereka yang akan membina petani jadi lebih bankable dan menjadi petani entrepreneurship,” jelasnya.

Baca :  Jabat Ketua IKA UBD, H. Muhsin Abdullah Bakal Bentuk Kepengurusan Tingkat Kabupaten dan Kota

Saat ini menurutnya riset dari perguruan tinggi juga sangat diperlukan. Misalnya bagaimana agar sawit di Sumsel yang banyak ini dibuatkan turunannya sehingga kelangkaan migor tidak terjadi di Sumsel.

” Pertajam lagi ini melalui pembicaraan dengan Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan Dinas Ketahanan Pangan. Lakukan riset juga kenapa sekarang orang-orang enggan bertani dan lainnya,” jelas Herman Deru.

Melalui penajaman itu Herman Deru berharap MoU yang telah dilakukan Pemprov dengan berbagai universitas memiliki progres tak lagi MoU tapi menjadi  Memorandum of Action (MoA).

Dalam kesempatan itu Herman Deru juga menyampaikan terimakasih pada UTP yang telah berkontribusi mendukung

percepatan capaian pembangunan Sumsel terutama dalam aspek pendidikan atas partisipasi UTP melahirkan SDM yang unggul.

Sementara itu Rektor UTP Dr. Ir. Hj. Manisah MP mengatakan sangat gembira orang nomor satu di Sumsel tersebut berkenan menerima kehadiran mereka.

Dalam kesempatan itu Ia juga memaparkan beberapa MoU yang telah dilakukan UTP dengan beberapa mitranya termasuk Pemprov Sumsel.

Baca :  Irup  Hardiknas,  Herman Deru  Ajak Jajaran Dinas Pendidikan Sumsel    Turut Andil  Sukseskan  Fornas VI 2022

Beberapa program yang telah dilakukan itu antara lain program inovasi produk unggulan daerah, Kampung Proiklim, Program Merdeka Belajar serta Program Kampung Literasi secara internal di lingkungan kampus.

” Kami UTP siap mendukung program Pemda terutama yang terkait dengan pemberdayaan pertanian. Terimakaaih sekali kami sudah diberikan arahan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Rektor UTP Manisah juga mengundang Gubernur Sumsel H. Herman Deru untuk memberikan kuliah umum pada kuliah perdana mahasiswa baru bula  Oktober mendatang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Pemprov Sumsel Bidang Pemerintahan dan Kesra Rosyidin Hasan, Wakil Rektor I Dr Rosmalinda Permatasari MT, Wakil Rektor III Syaiful Bahri, SE. MSi, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Nasir. MP,  Dekan Fakultas Teknik, Zulkarnain Fatoni, MT.MM, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, DR. M. Ima Andriyani, SE. MSi. (Ril/Mif)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com