Safari Jumat di Masjid Al-Falah Sako Baru, Herman Deru Kenalkan GSMP Pada Warga Sekitar

SindoSumsel. Com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru merasa bangga kepada  jemaah masjid Masjid Al-Falah Jalan Damai RT.12 RW 05 Sako Baru Palembang karena telah berhasil membangunan masjid secara swadaya.

“Kebanggaan tersendiri bagi saya, warga sekitar sini  bisa membangun masjid yang megah dengan tidak  meminta dijalan seperti memasang kaleng/ember dijalan. Ini  wujud nyata  kegotongroyongan masyarakat di sisni  begitu baik,” katanya  Herman Deru ketika menyampaikan sambutan usai melakukan sholat jumat berjemaah pada saat Safari Jumatnya di  Masjid Al-Falah, Jumat (23/9).

Bapak Pembangunan Sumsel itu mengatakan dalam membangun masjid  kadang kala dilakukan   cara rasional dan emosional. Namun khusus untuk masjid Al-Falah dibangun warga dengan  cara rasional dengan tetap  menyesuaikan  jumlah  jamaah. Karena itu Herman Deru berharap keberadaan yang diresmikannya tersebut  dapat di manfaatkan   sebagai rumah tahfidz atau   sebagai wadah kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Baca :  Legislatif Ketuk Palu Setujui Dua Raperda Usulan Pemprov  Sumsel

“Alhamdulillah capainya rumah tahfidz di Sumsel sudah lebih dari 4.000. Rumah tahfidz ini tekad kita untuk menjadikan anak-anak yang berakhlak mulia dan hafidz-hafidzah baik itu 1 ayat , 2 ayat ataupun 1 juz al -quran hingga 30 juz al-quran, nah itu harapan kita,”ucapnya.

Selain menggelar safari Jumat, kegiatan ini juga dimanfaatkan Gubernur Herman Deru untuk melihat kondisi warga serta mensosialiasikan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Herman Deru menjelaskan program GSMP salah satu cara yang sederhana hanya memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam komoditas utama kebutuhan sehari-hari seperti cabai, tomat, berternak ayam telur serta ikan.

“Ini juga cara berubah mindset kita yang tadinya membeli kini jadi penghasil,” katanya.

Untuk itu Herman Deru meminta kepada RT/RW serta Bhabinkamtibmas agar sosialisasi ini digencarkan sehingga masyarakat dapat memanfaaatkan halamanannya.

“Ini luar biasa, saya harap masyarakat disini dapat memanfaatkan perkarangan rumahnya. Untuk bibit Pemprov Sumsel sudah menyediakannya tinggal saja RT/RW dapat mendata warganya,” tutupnya.

Baca :  Apresiasi Kerja Keras Gubernur Sumsel Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Sementara itu, Mewakili Pengurus Masjid Al-Falah dan selaku Ketua RT.12 RW 05 Sako Baru, Ali Darman Harahap mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Herman Deru melaksanakan sholat berjamaah sekaligus meresmikan  Masjid Al-Falah

Dia menceritakan pada tahun 1996 melakukan musyawarah bersama para tokoh masyarakat jalan damai yang mana saat itu masyarakat masih ada kurang lebih 40 KK, sehingga dibangun mushola melalui swadaya masyarakat.

Kemudian lanjutnya dengan berkembang dan menambahnya masyarakat menjadi menjadi sebanyak 180 KK, kemudian masyarakat di sini kembali bermusyawarah kurang lebih satu tahun untuk meningkatkan dari mushola menjadi masjid.

“Semoga hadirnya masjid ini menjadi  amanah dengan melalukan kegiatan keagamaan termasuk dalam mencerdaskan anak-anak. Alhamdulillah saat ini sudah ada 80 santri melakukan kegiatan belajar TPA dilantai 2,” terangnya.****

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com