Selasa , 5 Maret 2024

Sejumlah Baleho Dirusak Oknum OTD, Edi Triono Caleg DPRD Kabupaten Muba dari PKN No Urut 6 Legowo

SindoSumsel.com, PALEMBANG – Sejumlah baleho atau alat peraga kampanye (APK) milik Edi Triono calon legeslatif (Caleg) DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dirusak oleh oknum orang tak dikenal (OTD). Diantaranya ada di Desa Berlian Makmur dan Desa Srigunung, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba.

Baleho-baleho yang bergambar caleg PKN, Hj Lucianty Caleg DPRD Sumsel No Urut 1, H M Albahori Caleg DPR RI No Urut 1 dan Edi Triono Caleg DPRD Muba No Urut 6 tersebut ada yang dirobohkan ada juga yang dilepaskan. Menanggapi hal tersebut Edi Triono yang merupakan caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) DPRD Muba VI, meliputi Kecamatan Sungai Lilin dan Keluang ini mengaku tetap legowo.

“Kita tidak tahu apa motif dari pada perusakan beberapa baleho saya. Bisa saja hanya iseng saja,” sambung Edi Triono yang merupakan Ketua Bidang Media dan Komunikasi Pimda PKN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

Edi Triono yang juga putra daerah Sungai Lilin ini tidak akan mempermasalahkan perusakan baleho tersebut. “Saya ini anak desa, anak transmigrasi, anak orang biasa. Saya belum berpengalaman di politik. Jadi saya kira tidak perlu takut, tidak perlu panik, tidak perlu gemetar,” sambung mantan guru Matematika SMP N 8 Sungai Lilin ini.

Lebih lanjut penggagas sekaligus kreator logo Sekolah Sepak Bola Putra Berlian Junior (Desa Berlian Makmur) Sungai Lilin tersebut berharap pada semua pihak termasuk lawan politiknya untuk berpolitik dengan baik dan sportif.

“Yang pasti saya lebih semangat, lebih termotivasi, dan tidak akan patah arang. Saya akan terus berjuang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Muba, khususnya di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba,” tukas dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan yang dikonfirmasi mengingatkan kepada seluruhnya, untuk tidak saling merusak APK antar sesama peserta Pemilu atau mengganggu APK yang lain.

“Karena menurut UU Nomor 7 Tahun 2017, bisa dikenakan sanksi pidana. Bahwa pelaksana, peserta dan tim kampanye pemilu dilarang merusak dan/atau menghilangkan alat peraga kampanye peserta pemilu,” imbuhnya.

Mengenal Edi Triono Caleg PKN Nomor Urut 6 Dapil Muba

Hanya memberitahu Edi Triono merupakan caleg DPRD Kabupaten Muba dari PKN no urut 6 Dapil Sungai Lilin Muba. Edi Triono merupakan putra jawa kelahiran Desa Berlian Makmur, Kecamatan Sungai Lilin, Muba, 27 Desember 1983.

Edi Triono mengawali pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Desa Berlian Makmur Sungai Lilin Muba, 1991-1996. Kemudian melanjutankan sekolah menengah pertama di SLTP N 3 Sungai Lilin (Desa Bumi Kencana) Sungai Lilin, Muba (1996-1998). Sewaktu SLTP, Edi Triono terkenal jago matematika dan juga sempat meraih gelar juara umum.

Baca :  Polres OKU Selatan Musnahkan 175 Unit Knalpot Racing

Untuk jejang SMA, Edi Triono sekolah di SMA N 11 Palembang (1998-2001) dan melanjutkan Strata 1 atau Sarjana (SI) di Universitas Muhammadiyah Palembang. Saat ini Edi Triono sedang proses penyelesaian tesis Master Ilmu Komunikasi (M.Ikom) di Universitas Bina Darma Palembang.

Sedangkan untuk karier pekerjaan, Edi Triono pernah bekerja sebagai CMO atau survei di Adira Finance. Kemudian pernah juga menjadi guru Matematika di SMP N 8 Sungai Lilin (Desa Berlian Makmur).

Lalu Edi Triono juga pernah menjadi Wartawan dan juga Redaktur Olahraga di salah satu Media terbesar di Sumatera, Sumatera Ekspres (2009-2019). Kini Edi Triono dipercaya menjadi pimpinan salah satu perusahaan milik Hj Lucianty yang merupakan Ketua Pimnda PKN Sumsel dan juga Bakal Calon Bupati Muba.

Untuk pengalaman organisasi, terutama dibidang olahraga boleh dibilang cukup mumpuni. Edi Triono pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Humas KONI Kota Palembang, 2009-2013. Saat itu KONI Kota Palembang diketuai H Baharuddin Ruaip dan Ketua Harian Andi Wijaya Busro (sekarang Plh Sekda Muba).

Lalu Edi Triono juga pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Humas dan Media KONI Provinsi Sumsel 2014-2016 saat itu diketuai H Muddai Madang. Edi Triono juga pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Humas dan Media pada periode 2016-2020 saat itu diketuai H Muddai Madang.

Edi Triono juga masih menjadi Wakil ketua Humas dan Media KONI Provinsi Sumsel era H Hendri Zainuddin (2020-2024). Untuk pengprov cabang olahraga provinsi Edi Triono juga termasuk dalam kepengurusan tinju (Pertina) saat itu dipimpin oleh H Syaifuddin Aswari Rivai (Bupati Lahat).

Kemudian juga pernah menjadi pengurus Badan Futsal Daerah (BFD) saat masih dipimpin H Herman Deru. Edi Triono juga pernah menjadi pengurus Sepak Takraw (PSTI) Sumsel diera kepemimpinan H Islah Taufik Effendi.

Edi Triono sampai saat ini juga masih menjadi ketua bidang Humas cabor wushu yang dipimpin Muhammad Asrul Indrawan. Edi Triono juga merupakan ketua Forum Jurnalis Olahraga Sumatera Selatan (Sumsel) hingga saat ini.

Edi Triono juga menjadi pengurus di salah satu organisasi perusahaan media online Sumsel, JMSI. (ril)