Sinergi dengan TNI Polri, Pemkab Muba Bangun Daerah Pelosok

SindoSumsel.com, SANGA DESA, – Program Karya Bakti Kodim 0401 Muba menjadi salah satu kegiatan yang membantu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam percepatan pembangunan, khususnya di desa pelosok.

Kali ini, Kodim 0401 Muba bersama Pemkab Muba menjalankan Program Karya Bakti yang telah berjalan sejak Juni lalu berupa peningkatan dan penyiapan badan jalan di Desa Ulak Embacang Kecamatan Sanga Desa.

Jalan yang sepanjang 17 km tersebut merupakan akses warga ke Desa Muara Rawas untuk menuju ke ibukota kecamatan dan kabupaten.

Tentu dengan adanya perbaikan jalan, akan menunjang kegiatan ekonomi warga setempat.

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud bersama Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto SPSI M HAN secara langsung datang ke lokasi, guna meninjau progres program tersebut, Jumat (18/8/2023).

Ia berharap melalui sinergi dengan TNI dan Polri mampu mempercepat progam pembangunan pemerintah daerah. Terutama di wilayah pedesaan yang ada di Bumi Serasan Sekate.

“Sengaja kedatangan kami ke Ulak Embacang untuk bersilaturahmi, dan meninjau kegiatan Karya Bakti yang dilakukan pemerintah bekerjasama dengan TNI Polri, karena program ini dari dulu dilakukan terus. Kita sangat memperhatikan desa-desa yang paling sulit di datangi dan juga belum pernah di datangi pejabat kabupaten,” ujarnya.

Apriyadi menuturkan komitmen secara bertahap akan membangun desa-desa dalam Kabupaten Muba yang memiliki luas wilayah kurang lebih 14.000 KM2 tersebut.

“Desa Ulak Embacang ini telah kita perjuangkan meminta kepada PLN untuk membangun jaringan listrik. Alhamdulillah sudah satu tahun ini warga Desa Ulak Embacang menikmati jaringan listrik PLN. Kedepan saya akan bersurat kepada Telkom meminta untuk dibangun tower BTS supaya komunikasi warga disini lancar juga,” tandasnya.

Baca :  Jaga Kebugaran Tubuh, Pj Bupati Apriyadi Senam Sehat Bersama Lansia

Sementara Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwianto SPSI M HAN dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba, pihak terkait serta elemen masyarakat yang telah mendukung penuh sehingga terlaksananya kegiatan Karya Bakti TNI di Desa Ulak Embacang, yang saat ini telah berjalan 55 persen.

“Kami bekerjasama dengan Dinas PU PR Muba, mudah-mudahan kegiatan ini, betul-betul menghasilkan hasil yang baik, dan mutu yang sangat baik,” tutur Dandim 0401 Muba.

Lanjutnya, Karya Bakti merupakan salah satu bagian bakti TNI untuk menangani masalah sosial kemanusiaan, yang dilaksanakan secara fisik maupun non fisik.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut yakni perbaikan badan jalan dari Desa Muara Rawas menuju Desa Ulak Embacang sepanjang kurang lebih 17 KM, dengan penyiapan badan jalan, timbun tanah, dan perbaikan dua unit jembatan.

“Karya Bakti TNI secara khusus membantu pemerintah meningkatkan pencapaian kesejahteraan masyarakat. Serta meningkatkan perekonomian untuk meningkatkan pertahanan negara. Kedepannya mudah-mudahan apa yang sudah dilaksanakan hari ini sampai penutupan bermanfaat dan dirasakan masyarakat banyak,” harapnya.

Setelah meninjau program Karya Bakti Pj Bupati Muba yang juga turut didampingi, Kepala Dinas PU PR Muba Alva Elan SST MPSDA, Camat Sanga Desa Hendrik SH MSi, Kapolsek Sanga Desa IPTU Nasirin SH MH dan kepala Perangkat Daerah Muba terkait ini berkesempatan Shalat Jumat bersama di Desa Ulak Embacang, dan kemudian bertolak mengecek Progress Pembangunan Infrastruktur Sport Center, dan jalan dalam desa di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa.