Minggu , 24 September 2023

Sirkuit Praktek SIM Baru Resmi Digunakan

PALEMBANG,SINDOSUMSEL.COM–Setelah sebelumnya data center Polrestabes Palembang mengalami masalah dan belum bisa digunakan, kini sirkuit mini tempat ujian praktek SIM R2 Satlantas Polrestabes Palembang resmi dibuka, Kamis (10/8/2023).

Dihadiri langsung Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol M. Pratama  dan didampingi Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono launching akhirnya dapat dicoba oleh para peserta penerima SIM

“Hari ini kita Launching bersama Kapolrestabes Palembang secara resmi, sarana untuk kegiatan ujian praktek roda dua,” ujar Kombes Pol M Pratama didampingi Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Emil Eka Putra.

Dijelaskannya, ada beberapa item yang harus diperhatikan disini. “Kita harus menguasai teknik mengemudikan kendaraan yang berkeselamatan, bagaimana pengereman berkeselamatan, dan beberapa rambu yang harus dipenuhi sehingga SIM ini adalah bagian dari pada kompetensi,” jelasnya.

Kombes Pol M Pratama mengatakan, kompetensi pada saat kegiatan berlalu lintas di jalan tentunya akan berkeselamatan untuk pengemudi sendiri atau orang lain. 

“Arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan sudah ditindaklanjuti Kakorlantas yang mengeluarkan surat keputusan satu Minggu lalu, sehingga wilayah Polda Sumsel serta jajaran mulai saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan uji praktek roda dua dari yang lama berbentuk angka 8 menjadi sirkuit mini berbentuk S,” katanya.

Baca :  Herman Deru Lepas Ratusan Peserta Raimuna ke XII dan Tim Kesenian Sumsel ke Istana Negara

Lanjutnya, sirkuit ini dilengkapi dengan rambu – rambu yang asumsinya sama dengan di jalan pada umumnya. “Kita harapkan masyarakat yang sudah mendapat sertifikasi kelulusan, diharapkan pengemudi ini akan mahir dan berlalu lintas yang berkeselamatan di jalan.

“Pelaksanaan uji praktek ini dilakukan dari hari ini dan seterusnya, tentunya tidak akan mempersulit pemohon SIM,” tutupnya.

Ditempat sama, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono mengatakan, launching Sirkuit Mini dan dicoba langsung dalam rangka untuk mempraktekan ujian SIM roda dua. 

“Tentunya sirkuit mini ini akan mempermudah dari pemohon SIM ke depan, sehingga ujian praktek yang dahulu angka 8 dan zig zag tidak berlaku lagi. Kita juga sudah melakukan survey dan kajian bentuk sirkuit mini, sehingga akan lebih meringankan kemampuan dari pada calon pemohon SIM sehingga ujian praktek dapat dilalui dengan baik, yang juga sudah dikaji sesuai di jalan raya umumnya,” ujarnya.

Salah satu pemohon ditemui usai mengikuti ujian praktek di sirkuit mini yang baru, Veron (28) mengatakan, ujian praktek ini jadi lebih mudah. “Tidak ada kesulitan saat ujian praktek, dan melewati setiap rambu di ujian praktek dengan lancar,” katanya.