Solid Kawal Pj Bupati Apriyadi Mahmud Jaga Kondusifitas di Muba

SindoSumsel.com, MUBA- Ratusan pengurus Forum Pembina Adat Kabupaten Muba, Kamis (10/8/2023) menggelar Rapat Tahunan Forum Pembina Adat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Adat Kabupaten Muba, H Zainal Hasan menegaskan akan all out menjaga kondusifitas wilayah jelang kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

“Setahun belakangan ini Kabupaten Muba sangat kondusif, oleh sebab itu kami Forum Adat Kabupaten Muba akan solid memback up sepenuhnya Pj Bupati Apriyadi untuk menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu dan Pilkada 2024 nanti,” ungkap Ketua Forum Adat Kabupaten Muba, H Zainal Hasan.

Menurutnya, saat ini tahapan kampanye meski belum dimulai secara resmi tetapi ada oknum oknum yang sudah melakukan kampanye.

“Kami Forum Pembina Adat di Muba berharap agar tidak memicu konflik dan komitmen menjaga kondusifitas Kabupaten Muba,” tegasnya.

Ia menilai, saat ini pendampingan Pemkab Muba terhadap Forum Pembina Adat sangat baik dan pihaknya sangat berterima kasih dengan Pj Bupati Apriyadi Mahmud yang sangat peduli.

“Semoga Forum Pembina Adat di Muba terus bersinergi dengan Pemkab Muba dan memberikan kontribusi positif untuk daerah dan masyarakat,” ucapnya.

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengatakan, peran Forum Pembina Adat di Muba sangat diperlukan untuk memfasilitasi persoalan adat di Kabupaten Muba.

Baca :  Komisi DPRD Muba Sampaikan Hasil Pembahasan Terhadap Rancangan KUA-PPAS TA 2024

“Di Muba ini adat istiadat dan budaya masih sangat kental. Karena ada juga persoalan yang bisa diselesaikan melalui adat istiadat, oleh sebab itu peranan Forum Pembina Adat sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba ini menambahkan, agar Forum Pembina Adat di Kabupaten Muba yang tersebar di 15 Kecamatan untuk selalu bersinergi dengan Pemkab Muba hingga perangkat Kecamatan.

“Terus bersinergi dengan Pemerintah hingga di tingkat Kecamatan. Agar kondusifitas wilayah di Muba ini terus terjaga,” ungkap dia.

Sementara itu, Plt Kadis PMD Muba, Erdian Syahri SSos MSi mengatakan tercatat ada sebanyak 139 pemangku adat yang tersebar di 15 Kecamatan di Muba.

“Pada rangkaian Rapat Tahunan ini juga dilakukan evaluasi perkembangan adat istiadat di 15 Kecamatan di Muba. Selain itu juga dilakukan penyerahan uang kehormatan atau insentif untuk pembina adat di Muba,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinsos Muba Ardiansyah SE MM, Plt Kepala Bappeda Sunaryo SSTP MM, Kabid Komunikasi Publik Kominfo Kartiko Buwono SE MSi, dan Plt Kabag Prokopim Agung Perdana SSTP MSi. (Mif)