Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024
Spesialis Curanmor Yang Resahkan Warga Plaju Diringkus
Kapolsek Plaju, AKP Firmansyah didampingi Kanit Reskrim Ipda Husin, Senin(12/12/2022) menunjukkan barang bukti kunci LetterT dan plat motor pelaku dalam beraksi.

Spesialis Curanmor Yang Resahkan Warga Plaju Diringkus

Palembang, SindoSumsel.com—Dua spesialis pelaku Pencurian Sepeda Motor (Curanmor) diringkus oleh unit Reskrim Polsek Plaju Palembang pimpinan Kanit Reskrim Ipda Husin,Sabtu(10/12/2022) sekira pukul 08.00WIB.

 

Belakangan diketahui bahwa kedua pelaku tersebut dibawa dari Jalan Kapten Robani Kadir, persis di depan kantor Lurah Kecamatan Plaju, dan dua pelaku tersebut ialah  Dandi alias Shonen (23) dan Yandri Hidayatin alias Andre (23) keduanya warga Jalan Kapten Robani Kadir, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju, Palembang. 

 

Aksi pencurian tersebut terjadi di rumah korban Yanuar (39) tepatnya di Jalan Tegal Binangun, Lorong Mangga, Rabu (7/12/2022) sekira pukul 03.48 WIB, yang mana kedua pelaku beraksi bertiga bersama F (DPO).

 

“Ketiga pelaku ini melancarkan aksinya di rumah korban dengan terlebih dulu membobol kunci gembok pagar rumah korban. Lalu, setelah berhasil, ketiganya masuk menuju teras dan garasi. Dengan menggunakan kunci T ketiganya mengambil dua unit sepeda motor yang terkunci stang,”ujar Kapolsek Plaju, AKP Firmansyah didampingi Kanit Reskrim Ipda Husin saat ditemui di Polsek Plaju Palembang, Senin(12/12/2022).

Baca :  Cemburu, Pemuda di Palembang Ini Begal Handphone Pacar Sendiri Hanya Karena Ingin Membeli Narkoba

 

Mantan Kanit Reskrim Polsek Ilir Timur II Palembang mengungkapkan, bila motor korban yang hilang tersebut berjenis matik merek Honda dengan nomor polisi BG 6648 ABR dan BG 6097 TT.  Atas kejadian tersebut korban akhirnya membuat laporan ke Polsek Plaju Palembang.

Kapolsek Plaju, AKP Firmansyah didampingi Kanit Reskrim Ipd

Ia menambahkan, kedua pelaku ini merupakan residivis dalam kasus yang sama dan dari hasil penyelidikan ketiganya sudah beraksi sebanyak 5 kali di tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

 

“Modusnya para tersangka masuk ke rumah korban dengan cara membongkar pagar rumah terlebih dulu, kemudian masuk mengambil dua unit sepeda motor di TKP. Dan hasil pencurian dijual mereka keluar daerah Palembang tepatnya di pampangan,”Jelas AKP Firmansyah.

 

Selain mengamankan petugas polisi juga mengamankan barang bukti satu unit motor Yamaha Mio J dengan nomor polisi BG 1742 BOS yang digunakan pelaku saat melancarkan aksinya. Dan juga dua unit motor Honda Beat tanpa tanpa nomor polisi, yang merupakan hasil curiannya. 

Baca :   Tips Menanggapi Isu Penculikan Anak 

 

“Pelaku bersama barang bukti sudah diamankan, dan kini tersangka akan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Atas perbuatannya akan disangsikan Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara diatas 5 tahun,”Katanya.

 

Sementara itu pelaku Dandi mengakui, perbuatannya sudah melakukan aksi pencurian di rumah korban. “Tugas saya yang memetik motor pak, kalau Andre yang mengawasi situasi di lokasi. Sebelum mencuri terlebih dahulu keliling mencari target motor yang ada di luar rumah atau teras rumah,”Kata residivis kasus pencurian ini.

 

lebih lanjut, sebelum masuk kerumah dirinya merusak kunci gembok pagar menggunakan kunci L. “Lalu masuk ke teras dan membongkar kunci motor menggunakan kunci T yang dibuatnya sendiri, hasil curian dijual keluar Palembang dan uangnya untuk digunakan keperluan sehari-hari saja,”katanya.

 

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Widodo

Berkarya untuk lingkungan