Kamis , 22 Februari 2024

Tanggul Jebol Ribuan Rumah di Kecamatan Samudera Terendam Banjir

SINDOSUMSEL.COM– Hujan deras melanda Aceh Utara dan sekitarnya mengakibatkan ribuan rumah di 10 Gampong di Kecamatan Samudera terendam banjir, Selasa (5/9) sekitar pukul 02.00 WIB.

Setidaknya ada 10 desa tersebut yaitu, Desa Kitoe, Madan, Tanjong Hagu, Krueng Baro Langgahan, Teuping Blangan, Tanjong Baroh, Tanjong Rengkan Tanjong Mesjid, Tanjong Paya Terbang dan Tanjong Awe.

Camat Samudera, Ilyas mengatakan banjir itu diakibatkan tiga titik tanggul jebol di Desa Tanjong Awe, Tanjung Hagu Tanjung Rengkam,mengakibatkan air masuk ke pemukiman warga den merendamkan ribuan rumah.

Sementara tanggul di Desa Tanjong Hagu, dan Tanjong Rengkan sedang ada perbaikan tanggul. Sehingga air dari sungai masuk ke pemukiman warga,” kata Ilyas kepada awak media.

“Kita himbau kepada masyarakat agar tetap waspada, jika air semakin tinggi maka segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu juga diminta kepala desa agar segera melapor jika ada warga yang mengungsi agar disalurkan bantuan masa panik,” ujarnya.

Baca :  4700 Hectar Lahan Gunung Arjuna Ringgit dan Welirang

Sedangkan itu, untuk warga Gampong Madan saat ini mulai mendirikan posko dan dapur umum. “Didesa ini sekitar 300 jiwa warga terancam akan mengungsi jika curah hujan semakin tinggi,”katanya.

Salah seorang warga, Halimah mengatakan untuk saat ini dia bersama keluarganya masih bertahan di rumahnya. “”Belum mau mengungsi. Kalau kami mengungsi gimana barang-barang kami. Nanti kalau air makin tinggi kami mengungsi,”katanya.

Upaya sementara terpantau di sejumlah titik banjir pihak muspika samudera meninjau kondisi banjir di lapangan untuk memastikan kondisi terkini banjir semakin meluas dan melakukan koordinasi dengan BPBD Aceh Utara.(HDM)