Minggu , 23 Juni 2024
Hardiansyah, Kasi OPS PBK Kota Palembang
Hardiansyah, Kasi OPS PBK Kota Palembang

Tiga Rumah Hangus Terbakar, Petugas Gunakan Air Sungai Yang Penuh Sampah

SindoSumsel.com, Palembang — Warga Jalan Terusan 1 RT 43 RW 09 Kelurahan 5 Ulu Darat Kecamatan SU I, Palembang, Rabu, (23/8/2023) dihebohkan dengan sejumlah rumah warga yang hangus terbakar dan diduga akibat arus pendek listrik.

Pantuan di lokasi, terlihat kepulan asap hitam pekat yang terlihat dari Jalan Wahid Hasyim Palembang membuat warga sekitar dan pengguna jalan panik.

Belakangan diketahui rumah tersebut milik Rohilah (70), Abu Yazid (72) yang saat kejadian ditinggal. Menurut penuturan warga bila api yang membakar rumah mereka cepat membesar.

“Awalnya dari atap rumah Aris membuat aku dengar spontan berteriak, ” kebakaran, kebakaran, kebakaran, Rumahnya dekat rumah aku pak. Aku tuh tadi bangun tidur. Keluar rumah, tahu-tahu melihat api membesar dan asap hitam mengepul di atas atap rumah Aris dan mertuanya Abu Yazid,”ujar Yabani(51) kepada wartawan, Rabu (23/8/2023).

Mengetahui rumahnya kebakaran, korban pun berteriak histeris menangis dan warga melihat korban histeris langsung mengevakuasi Rohilah ke rumah tetangganya.

Baca :  Live Tawuran di Sosmed, Seorang Pemuda Tanpa Identitas Tewas

“Pemilik rumah Rohilah sempat histeris pak. Saat itu dirinya langsung dievakuasi ke rumah tetangga di sekitar lokasi,” katanya.

Dari aliran Sungai terlihat debit air yang sedikit serta tertumpuk sampah yang berserakan. Warga setempat dengan alat seadanya berjibaku memadamkan kobaran api dan petugas menurunkan pompa airnya untuk memperoleh air dikarenakan mobil tak dapat masuk ke lokasi kejadian.

Setidaknya enam unit mobil PBK yang datang di lokasi hingga akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.12.

“Ya kita kesulitan masuk ke lokasi Karen jalan yang sempit. Jadi kita masuk dengan menggunakan mobil kecil dan membawa pompa saja. Alhasil api bisa dipadamkan pukul 15.11,” kata Hardiansyah, Kasi OPS PBK Kota Palembang.

Sedangkan api diduga dari adanya konsleting listrik di salah satu rumah tersebut. “dugaan sementara asal api dari korsleting listrik,”Katanya