Gubernur Sumsel H Herman Deru terus berupaya memadukan wisata dan kearifan lokal dan Pemprov Sumsel melalui bangub memberikan bantuan bus ke Kota Pagar Alam, Minggu (26/12).
Gubernur Sumsel H Herman Deru terus berupaya memadukan wisata dan kearifan lokal dan Pemprov Sumsel melalui bangub memberikan bantuan bus ke Kota Pagar Alam, Minggu (26/12).

Tingkatkan Daya Tarik Wisatawan, Herman Deru Padukan Potensi Wisata  dan Kearifan Lokal Pagaralam

PAGARALAM – Pagaralam dikenal sebagai salah satu daerah yang memilki potensi wisata alam yang luar biasa di Provinsi Sumsel.

Namun keindahan alam tersebut harus didorong dengan kearifan lokal dan kuliner khas sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota yang berada di kaki Gunung Dempo tersebut.

Karena itu Gubernur Sumsel H Herman Deru terus berupaya memadukan wisata dan kearifan lokal di setiap daerah di Sumsel yang memiliki potensi lebih sehingga pariwisata di Sumsel memiliki daya tarik yang berbeda.

“Kepada Walikoa Pagar Alam saya minta pertahankan kearifan lokal. Kita jadikan itu sebuah kumpulan dari daya tarik yang kita persembahkan. Pemprov Sumsel terus mendorong destinasi wisata untuk terus berkembang dengan pertahankan juga flora dan faunanya agar ini menjadi ciri khas Kota Pagar Alam,” kata Herman Deru saat dibincangi ketika berkeliling kota Pagar Alam menggunkan Besemah Tour On the Bus (Bestour), Minggu (26/12).

Herman Deru menyebut dengan adanya Bestour sudah menjawab keinginan Walikota Pagaralam untuk melengkapi sarana pariwisata.

“Alhamdulilah kita naik bus wisata ini menjawab keinginan Pak Walikota dalam melengkapi sarana pariwisata. Pemprov Sumsel melalui bangub memberikan bantuan bus ini kalau melihat animo saat ini tentu kita akan tambah lagi,” tuturnya.

Baca :  Sekda OKU Minta Langsung ke Herman Deru Untuk Tunjuk Orang Lain Sebagai Plh Bupati OKU

Bapak Pembangunan Sumsel ini mengajak masyarakat Sumsel untuk berpergian ke Kota Pagar Alam selain sebagai destinasi wisata ini juga tempat sport tourism.

“Kepada masyarakat Sumsel siapapun yang belum ke Pagar Alam mari kesini karena kota ini sangat nyaman, alamnya sejuk , indah dan begitu tepat buat kita berolahraga,” ungkapnya.

Disebut Herman Deru sebagai sport tourism karena sudah terbukti Kota Pagar Alam telah membuktikan melalui kegiatan Sriwijaya Dempo Run sukses besar dimana pesertanya hingga ribuan datang dari seluruh penjuru Indonesia.

“Artinya dari event ini manfaatnya itu sungguh luar biasa karena semua homestay dan hotel penuh dan itu menandakan orang sangat tertarik ke sini. Ayo datang ke Kota Pagar Alam karena tidak akan kecewa,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni mewakili masyarakat Kota Pagar Alam mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru berkat perhatiannya kepada Pagar Alam melalui dana Bangub

Baca :  Herman Deru Harapkan Masjid Al Hijrah Jadi Sarana Syiar Islam di Komplek Center Park

“Perhatian pak Gubernur kepada Kota Pagar Alam luar biasa, seperti kita dibantu Bus Wisata kemudian infrastruktur jalan irigasi sesuai dengan tagline Sumsel Maju untuk Semua itu begitu terasa hingga di Kota Pagar Alam,” katanya.

Dia mengaku kota pagar alam salah satu daerah kota tujuan di Sumsel maka itu dia terus melakukan event-event. “Di bulan Desember ini ada tiga event besar kami lakukan pertama itu sepeda, kejuaraan Off-road dan sriwijaya dempo run. Kami harap dari tiga event ini menjadi agenda tahunan, hal ini semua terselenggara berkat dukungan pak Gubernur,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Alfarenzi Panggarbesi dan Ketua KORMI Sumsel Hj. Samantha Tivani menanam pohon di Halaman Kantor Walikota Pagara Alam. Penanam pohon ini sebagai wujud menjaga kelestarian lingkungan.

Turut hadir pada kesempatan ini,  Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Muhammad Yaser,  Kadispora Sumsel, Akhmad Yusuf serta para Forkopimda Kota Pagar Alam dan Para OPD Pemprov Sumsel dan Pemkot Pagar Alam. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com