Minggu , 14 April 2024

TNI dan Polri Lumpuhkan Empat KKB di Pengunungan Binatang

PAPUA,SINDOSUMSEL.COM– Aparat gabungan Satgas Damai Cartenz 2023, berhasil melumpuhkan 4 orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan mengamankan 2 senjata api di Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (30/9/2023).

 

Kepala Satgas Damai Cartenz 2023 Kombes Dr Faizal Ramadhani mengungkapkan ini adalah sebuah prestasi di bidang penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

 

Dalam kunjungan kerjanya di Pegunungan Bintang beberapa hari yang lalu, Faizal memastikan bahwa situasi di Pegunungan Bintang dapat dikendalikan dengan baik oleh aparat keamanan maupun forkopimda. 

Faizal mengatakan, pada dini hari tadi pasukan gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz telah berhasil melumpuhkan 4 KKB yang kerap membuat kerusuhan di daerah Oksibil, Pegunungan Bintang. 

 

“Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan 4 KKB di daerah Pegunungan Bintang. Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita, yaitu 2 senjata panjang” jelas Faizal.

Baca :  Tipu Gelap Proyek fiktif Rp 100 Milyar, Saksi Ungkap Keterlibatan Oknum Jaksa Dalang Utama Di Sidang

 

Sementara itu, Kasatgas Humas  Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa kelima KKB tersebut saat berita ini diturunkan masih dalam proses evakuasi. 

 

“Mohon bersabar ya rekan-rekan, saat ini pasukan di lapangan masih melakukan pembersihan di TKP, mengidentifikasi identitasnya dan nanti apabila memungkinkan jenazahnya akan diturunkan dari pegunungan” ujar Bayu 

 

Ditempat yang sama, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastomi menjelaskan bahwa dalam kegiatan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang ini melibatkan berbagai pasukan TNI Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopassus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Batalyon 310/KK yaitu Satgas Pamtas dan dari Polres Pegunungan Bintang. 

 

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yg baik antara TNI Polri yg tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas yg sudah ada disini,”ungkap Dafi.