Syamsul Bahri, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Provinsi Sumatera Selatan.
Syamsul Bahri, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Provinsi Sumatera Selatan.

Tunggu Hasil Pileg dan Survei, Nasdem Bakal Usung Herman Deru Jadi Cagub Sumsel

SindoSumsel.com, Palembang — Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) baru digelar pada tahun 2024 mendatang, namun desas desus sosok yang akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumsel sudah mulai bermunculan.

Sebagai Partai Politik (Parpol) papan tengah, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah mempersiapkan diri untuk ikut serta pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Sumsel yang rencananya dilaksanakan pada bulan November itu.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sumsel, Syamsul Bahri, mengungkapkan bahwa pada saat ini pihaknya masih fokus untuk terlebih dahulu memenangkan Pileg. Setelah itu, baru terlihat siapa kader yang memiliki potensi untuk diusung sebagai Cagub atau Cawagub.

“Pastinya, suara atau kursi yang didapatkan nanti, harus signifikan. Tetapi kalau tidak cukup dan layak diusung, ya posisi DPRD saja. Pastinya dalam Pemilu, baik Legislatif atau Pilkada, Nasdem selalu mengedepankan tanpa mahar dan pastinya pengusungan ada kriterianya.” kata Syamsul Bahri, seperti dikutip dari Sumsel Tribunnews, hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2023.

Selain berdasarkan kriteria, dirinya menjelaskan, pengusungan Cagub dan Cawagub Sumsel dari Partai Nasdem juga dilihat berdasarkan hasil survei dari lembaga survei yang sudah dipercaya.

Baca :  Mantan Wali Kota Salatiga Daftar Caleg Gerindra 

“Ya, kalau maju Pilkada harus ada popularitas dan elektabilitas bagus untuk diusung. Tapi berbicara itu, setelah legislatif. Kalau legislatif saja kalah, untuk apa? dan yang terbaik diusung serta memiliki peluang menang.” tegas Syamsul Bahri.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumsel itu menuturkan, untuk posisi Cagub, Partai Nasdem ke depan akan kembali mengusung Herman Deru. Sedangkan di tingkat kabupaten atau kota, Partai Nasdem juga akan kembali mengusung kader yang memiliki potensi.

“Untuk daerah yang potensi seperti Palembang, OKUT, OKUS, OI, Muratara dan sebagainya, kita pastinya menunggu hasil Pileg dulu.” beber Syamsul Bahri.

Mengenai target perolehan suara di DPRD Sumsel, dia mengungkapkan bahwa minimal satu kursi di setiap dapil harus dicapai, agar bisa mendapatkan minimal pimpinan DPRD. “Pastinya kita memiliki target minimal pimpinan DPRD atau ketua, bisa saja nanti. Dengan begitu, kita bisa mengusung Kader Partai Nasdem di Pilkada.” ujarnya. (ohs)