Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digagas oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru ternyata sudah sejak lama diterapkan oleh Juairah (43) salah saatu warga Kenten Laut. Juariah sosok yang gemar menanam berbagai tanaman dapur yang dapat dikonsumsi sendiri, Minggu (20/2).
Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digagas oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru ternyata sudah sejak lama diterapkan oleh Juairah (43) salah saatu warga Kenten Laut. Juariah sosok yang gemar menanam berbagai tanaman dapur yang dapat dikonsumsi sendiri, Minggu (20/2).

Warga Kenten Laut Dukung GSMP Inisiasi  Herman Deru

SindoSumsel.com, BANYUASIN – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digagas oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru ternyata sudah sejak lama diterapkan oleh Juairah (43) salah saatu warga Kenten Laut. Juariah sosok yang gemar menanam berbagai tanaman dapur yang dapat dikonsumsi sendiri.

Juairah mengungkapkan, bahwa dirinya gemar bercocok tanam di lahan  dekat rumahnya.

Berbagai tanaman yang dapat dikonsumsi yang ia tanami, seperti singkong, cabai, dan berbagai tanaman bumbu dapur lainnya.

“Selain di halaman rumah ini kami juga mempunyai  lahan kebun pribadi meskipun kecil-kecilan tapi biasanya kami menanam di kebun, cabai, singkong, kangkung, dan buah mangga,” kata Juairiah, saat dibincangi dirumahnya, Minggu, (20/2).

Baca :  Herman Deru Dianugrahi  Paramakarya 2021 Bidang Ketenaga Kerjaan

Sebagai warga lama di Kenten Laut, Juairah mengungkapkan bercocok tanam bukan hal yang baru baginya, karena sedari dulu keluarganya gemar menanam.

“Kami disini juga tidak terkejut lagi jika ada Gerakan Sumsel Mandi Pangan. Karena memang dari dulu kami sekeluarga gemar menanam,” tambahnya.

Dia mengatakan, hasil  tanamannya  dikonsumsi sendiri dan terkadang dibagikan kepada tetangga dan  keluarga dekat.

“Selain dikonsumsi sendiri, biasanya saya bagi ke tetangga dan keluarga,” tuturnya.

Menurutnya, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang digagas Gubernur Sumsel H Herman Deru  sangat patut diterapkan dalam setiap keluarga. Karena dirinya sendiri sudah merasakan dampak baiknya dari menanam bahan pangan sendiri.

Baca :  Bangubsus Dorong Geliat Pengembangan Pariwisata Danau Ranau

“Mandiri pangan ini memang sangat berdampak baik di kegiatan sehari-sehari rumah tangga, karena  menanam sendiri kita j bisa berhemat untuk pengeluaran keseharian,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan terus digalakkan Pemerintah Provinsi, karena Pemprov Sumsel menargetkan seluruh desa dapat mengikuti Gerakan Sumsel Mandiri Pangan pada tahun 2025 mendatang.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan pihaknya menargetkan setaip kecamatan punya satu desa mandiri pangan.

“Sehingga pada tahun 2025 nanti seluruh desa di Sumsel melakukan gerakan Sumsel Mandiri Pangan,” katanya. (*)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Miftahul Arzaq

Kontributor situs berita SindoSumsel.com. e-mail : mifdarko@gmail.com