Oyong Hairudin for DPRD Kota Palembang 2024

Warga Lalan Antusias Sambut Pj Bupati Apriyadi Mahmud

Sindosumsel.com – LALAN, Warga Kecamatan Lalan sangat antusias menyambut kedatangan Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi di Halaman Kantor Camat Lalan, Senin (12 Desember 2022).

Kunjungan Pj Bupati Muba ke Lalan tersebut dalam rangka melantik 14 Kepala Desa Terpilih sekaligus meninjau pembangunan dan menyerap aspirasi masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan 14 Ketua TP PKK Desa oleh Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi.

Pelantikan kades di Kecamatan Lalan ini adalah yang terakhir dari 65 desa di 14 kecamatan yang mengikuti Pilkades serentak pada 17 Oktober lalu. Sebelumnya Pj Bupati Muba melantik kades terpilih dengan cara berkunjung ke tiap kecamatan.

Camat Lalan Andi Suharto SSTP MSi melaporkan kunjungan orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat yang ada di kecamatan terjauh dari ibukota kabupaten tersebut. Masyarakat sangat antusias menyambut rombongan jajaran Pemerintah Kabupaten Muba, karena saat ini Kecamatan Lalan sudah mengalami kemajuan sangat pesat, mengingat banyaknya realisasi pembangunan yang terus di lakukan Pemkab Muba.

“Terimakasih atas dukungan, dan pembangunan yang diberikan untuk kecamatan kami. Karena perhatian pembangunan infrastruktur yang diberikan masyarakat kamipun sangat antusias membayar pajak,” kata Andi Suharto.

Andi menuturkan Kecamatan Lalan menjadi tiga besar perolehan pajak di tahun 2022. “Kami kecamatan Lalan menempati posisi tiga perolehan pajak, mudah-mudahan tahun depan menjadi yang terbesar,” harapnya.

Baca :  Muba Raih Penghargaan Kabupaten Sekolah Terbanyak Ikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Sementara Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi dalam sambutannya bersyukur dapat bersilaturahmi yang dirangkaikan dengan pelantikan kepala desa hasil Pilkades serentak pada 17 Oktober 2022 lalu.

“Pesan kami kepada kades terpilih setelah dilantik ini segera jalankan tugas, jangan menunggu lagi, karena masyarakat menunggu kiprah kalian menjalankan tugas dan mengabdi. Anggap saja tugas yang dijalankan adalah ibadah, ibadah kepada masyarakat, agama dan negara,” ujarnya.

Kedua ia berpesan dapat menjalankan amanah dan tugas sebagai kepala desa dengan baik. “Kemudian segera petakan permasalahan yang ada di desa, untuk segera di selesaikan, juga petakan potensi di desa masing-masing, selanjutnya manfaat potensi ini, gunakan untuk mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, Kecamatan Lalan akan menjadi prioritas pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Muba, terutama untuk permasalahan listrik dan infrastruktur jalan.

“Ada dua opsi yang akan kita ambil dalam menyelesaikan permasalahan listrik di Lalan, pertama meminta PLN mengambil alih seluruh jaring listrik PT MEP (BUMD), kedua kita tingkatan tegangan listrik dengan membeli alat untuk menstabilkan tegangan,” tandasnya.

Dalam mempercepat proses pembangunan di Lalan Apriyadi juga berencana untuk mendorong pemekaran kecamatan tersebut.

Baca :  Semangat Baru, Pengurus Ranting Gerakan Pramuka Keluang Resmi Dilantik

“Lalan ini kita dorong untuk dimekarkan agar pembangunan bisa ditingkatkan lagi secara merata,” pungkas Pj Bupati Muba.

Adapun 14 kepala desa terpilih yang dilantik yakni, Arifin Kades Karang Agung, M Akhir Kades Perupung Raya, Erik Hariyadi Kades Sri Karang Rejo, Fahmi Kades Mekar Sari, Jajang Gumilar Kades Bumi Agung, Arafik Kades Suka Makmur, Eko Wahyudi Kades Mandala Sari, Rusli Kades Bandar Agung, Ujang Rahmat Solihin Kades Karang Mukti, Wahyu Predi Saputra Kades Mulya Jaya, Andri Juni Hartono Kades Sari Agung, Kasimin Kades Suka Jadi, Ahmad Fitrawan Kades Hilir Agung, dan Harum sebagai Kades terpilih di Desa Sri Mulya Agung.

Pada kegiatan tersebut dirangkaikan pula launching Internet Starlink, dan pemberian bantuan oleh Pj Bupati Muba, berupa 1000 bibit cabe, bantuan untuk UMKM, buku tabungan, bantuan pestisida, kartu tani, keranda jenazah, bantuan bagi mualaf, bantuan sosial bagi nelayan, dan bantuan peralatan sekolah.

Turut hadir, Dandim 0401 Arm Dede Sudrajat SH, Kapolres Muba AKBP Siswandi SH Sik MH, Anggota DPRD Muba M Isa, Iwan Aldes, dan Jon Kennedy, Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi AP MSi, Camat Lalan Andi Suharto SSTP MSi, dan Dirut PT MEP Agus Raflen.(erd)

Hendri Zainuddin, Presiden Sriwijaya FC

About Erwanda, S.Psi.