Zoom meeting – Tumbuhkan Semangat Toleransi Antar Pemeluk Agama

SindoSumsel.com, MUBA – Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ditetapkan menjadi Kampung Pancasila. Demikian disampaikan Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MHum melalui zoom meeting bersama Danrem 044 Gapo Palembang Brigjen TNI M. Naudi Nurdika SIP MSi MTr. Han dan Dandim 0401 Muba Letkol Inf Erry Dwiyanto SPSI MHan, Selasa (26/9/2023).

Dalam kesempatan ini, Asisten
Pemerintahan dan
Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, didampingi oleh kepala BPBD Muba H.Pathi Ridwan, SE, ATD MM, camat Sungai Lilin Chandra, SKM, MSi, Dandim 0401 Letkol Inf.Erry Dwiyanto S.PSi, Mhan, Danramil 401-01/SL Kapten Inf.Hermanto, kapolsek Sungai Lilin AKP Andi Firdaus SH, kades Mulyorejo Suhadi, Pendeta GSJA Pemulihan Eko, ketua ranting NU Sungai Lilin M.,Latif, dan tokoh masyarakat, agama serta adat di desa Mulyo Rejo Sungai Lilin.

Menurut asisten Yudi, dengan digelarnya kegiatan ini, maka akan lebih menumbuhkan semangat masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemkab Muba merasa bangga dan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat desa Mulyo Rejo yang selalu rukun dan damai tentram antar umat beragama. Kini desa Mulyo Rejo telah ditetapkan sebagai kampung pancasila, ini dapat menjadikan sebagai benteng benteng implementasi pancasila tersebut. Semoga bisa menjadi contoh bagi desa desa lainnya di Kabupaten Muba bagaimana menjaga kebhinekaan dan keragamaan serta kerukunan seluruh elemen masyarakat,”tandasnya.

Baca :  Sowan ke Warga, Pj Bupati Apriyadi Door to door Bagikan Daging Kurban

Sementara Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika SIP MSi M Tr (Han), dalam sambutannya, berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, dijadikan sebagai contoh penerapan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat akan lebih saling menghormati antar umat beragama, rasa cinta tanah air dan lingkungan masyarakat. “Diharapkan masyarakat terus meningkatkan rasa kebersamaan, kebersihan dan terus menjaga kenyamanan di kampung atau Dusun masing-masing. Selain itu, selalu mengedepankan Musyawarah dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan segala permasalahan,”pungkasnya.

Menurut Dandim 0401 Muba bahwa beberapa kriteria ditetapkannya Desa Mulyo Rejo menjadi Kampung Pancasila menurutnya adalah karena desa tersebut rukun, aman dan damai dengan tidak pernah ada konflik yang terjadi antar warganya.

“Desa tersebut menurutnya sebagai contoh hidup damai tanpa konflik dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Selain itu warga Mulyo Rejo gemar gotong-royong, masyarakatnya juga sangat ramah dan sangat agamis. Tingkat rasa kemanusiaannya dan sosialnya juga sangat tinggi. Itulah menjadi dasar Desa Mulyo Rejo menjadi Kampung Pancasila,”ujar Dandim 0401 Muba. (Mif)